Kompas.com - 10/03/2021, 10:36 WIB
Fan project transplantasi terumbu karang di Ambon, Maluku dari fanbase @forhacin untuk merayakan ulang tahun ke-28 Suga BTS. Twitter @forhacinFan project transplantasi terumbu karang di Ambon, Maluku dari fanbase @forhacin untuk merayakan ulang tahun ke-28 Suga BTS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unik ARMY (fans BTS) asal Indonesia muncul lewat fan project transplantasi terumbu karang di Ambon, Maluku untuk merayakan ulang tahun ke-28 Suga.

Fan project tersebut dirancang fanbase akun @forhacin di Twitter.

Rupanya, tak sedikit biaya yang diperlukan untuk mewujudkan harapan tumbuhnya terumbu karang ini ini.

Baca juga: BTS Ungkap Harapan Tahun 2021, Ingin Kembali Tampil di Depan ARMY

100 terumbu karang

Sebanyak 100 terumbu karang diletakkan di dasar laut Desa Morella, Ambon, Maluku. Jumlah tersebut juga kemungkinan akan bertambah.

Pengelola akun @forhacin, Asa Bellia Audida menjelaskan, dengan fan project bawah laut ini ia berharap bisa menyadarkan banyak orang tentang pentingya alam termasuk terumbu karang.

Sebelumnya, fan project darinya sudah pernah melakukan penanaman 8.000 pohon dan dampaknya positif.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Maka dari itu kami ingin berpindah ke proyek bawah laut untuk menumbuhkan kesadaran bahwa ekosistem laut juga butuh perhatian," jelas Asa Bellia Audida saat dihubungi Kompas.com melalui direct message (DM) Twitter, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Suga BTS Ultah ke-28, ARMY Indonesia Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Ambon


Rp 30 juta lebih

Bekerja sama dengan komunitas Karang Nusantara, ternyata memakan biaya yang tidak sedikit untuk transplantasi terumbu karang itu.

Juga, perlu pemantauan untuk melihat pertumbuhan karang.

Biaya untuk terumbu karang sendiri mencapai Rp 15 juta. Biaya pengambilan gambar dari bawah laut dan donasi peralatan sekitar Rp 2 juta.

Baca juga: Bikin ARMY Terkejut, Lagu Dynamite BTS Diputar di Super Bowl Weekend Awards Ceremony NFL

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X