Kompas.com - 07/03/2021, 12:21 WIB
Komika Abdel Achrian, salah satu juri Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) IX KompasTV DOK. KOMPAS TVKomika Abdel Achrian, salah satu juri Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) IX KompasTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Abdel Achrian mengungkapkan awal mula bisa terjun dan berkarier di dunia komedi Tanah Air.

Abdel berujar, pertama kali terjun di industri hiburan pada 1989 dengan bergabung menjadi penyiar radio.

"Radio SK (Suara Kejayaan), radio humor, radio komedi di Jakarta," ungkap Abdel seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Qiss You TV, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Aktif Buat Konten, Abdel Achrian Anggap YouTube Sarana Salurkan Kreativitas

"Ya masuk ke lingkungan komedi, pergaulannya komedi, ketemunya sama orang-orang komedi, berjalan ke komedi semua, kerjaan juga dapatnya komedi," kata Abdel melanjutkan.

Kendati demikian, Abdel Achrian menganggap dirinya masuk ke layar kaca masih terbilang baru dibandingkan dengan pelawak yang lainnya.

Dia mengungkapkan pertama kali terjun pada 2006. Bukan langsung bersama Mamah Dedeh, melainkan tergabung dalam program acara "Republik BBM" bersama mendiang Taufik Savalas yang disiarkan di Indosiar.

Baca juga: Disebut Semakin Tua Semakin Produktif, Abdel Achrian: karena Enggak Ada Kerjaan

"Sebelum Mamah Dedeh masih ada acara dulu sebelumnya. Tahun 2006-lah, gue efektif sudah mulai di televisi. Baru 15 tahun juga, barengan lu (Ayu Ting Ting) kali," kata Abdel.

Dalam sebuah wawancara, setelah mengikuti beberapa episode, tak berselang lama, program acara tersebut turun layar.

Para pemain yang ada di dalam Republik BBM telah mendapatkan pekerjaan yang lain. Namun Abdel tak kunjung menerima panggilan pekerjaan.

Baca juga: Abdel Achrian Ungkap Awal Mula Satu Program dengan Mamah Dedeh

Setelah tiga bulan menganggur, Abdel pun akhirnya mendapatkan panggilan dari salah satu petinggi televisi swasta.

"Tiba-tiba dipanggil tuh sama Pak Doddy, datang ke sana. Karena disuruh datangnya ke acara Taufik, 'Senin Malam Show' (SMS). 'Wah asyik nih, gue bakal jadi apalah di acaranya Taufik'," ungkap Abdel.

Perkiraan Abdel salah. Dia malah diminta menggantikan seorang perempuan yang bersanding dengan Mama Dedeh di salah satu program acara.

Baca juga: Kebahagiaan Abdel Achrian Duduk di Bangku Juri SUCI Kompas TV

"Sampai sana, 'Nih Del, nanti lu gantiin yang cewek'. Karena sudah jadi pilot project Mama Dedeh sama perempuan," kata Abdel.

"Nama acaranya dulu 'Mamah dan Teteh'. Rencananya Tetehnya ini istrinya Aa Gym, tetapi enggak cocok, jadi mau diganti. Jadi Mama dan Aa. Aa itu Abdel Achrian, gitu. Bukan Aa Sunda," ucap Abdel melanjutkan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X