Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Nasihat Agar BTS Tak Seperti Boyzone, Ronan Keating Banjir Kritikan

Kompas.com - 23/02/2021, 14:15 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

JAKARTA, KOMPAS.com- Anggota boyband sukses era tahun 1990, Ronan Keating mendapat banyak kritikan setelah memberikan nasihat pada BTS untuk tidak membuat boyband global baru.

Pernyataan Ronan Keating itu muncul setelah Big Hit Entertainment mengumumkan kerjasama dengan Universal Music Group untuk melahirkan boyband global di tahun 2022.

"Ini nasihat yang saya berikan pada BTS, jangan melakukannya (membuat grup global baru)," kata Ronan.

Nasihat itu berasal dari pengalaman Ronan dulu ketika membentuk Westlife, yang justru bisa melampaui popularitas Boyzone.

"Louis Walsh dan saya sendiri telah memiliki ide ini, kami memulai sebuah boyband saat Boyzone ada di puncak mereka. Dan kami melakukannya, kami mulai dengan boyband yang disebut Westlife, dan mereka menjadi lebih besar dari Boyzone," ujar Ronan.

Ronan mempertanyakan pemikiran BTS, apakah memang seperti itu yang mereka inginkan, menurutnya itu bukan keputusan yang pintar.

"Mereka akan besar, tapi itu tidak pintar. Jadi ya saran saya, lupakan," kata Ronan.

Opini Ronan itu menimbulkan kemarahan dan ketidakpercayaan dari ARMY, penggemar BTS, karena jelas Ronan tidak melakukan banyak penelitian tentang situasi sebelumnya.

Penggemar menjelaskan kalau bukan BTS yang melahirkan boyband, tapi agensi mereka, Big Hit Entertainment.

Pernyataan Ronan berikutnya justru seperti semakin menambahkan minyak pada api.

"Penting kalian tahu, melihat cermin dan meraih hati kalian. Jika kamu melakukannya dengan benar, Louis Walsh versi Korea akan mencintaimu," kata Ronan.

"Ini semua tentang melihat dari kacamata itu dan membuat laki-laki dan perempuan percaya kalau kamu (artis) benar melihat mereka dan itu bahwa kamu yang mereka inginkan dalam hidup kalian, di hati mereka dan di ranjangmu," ujarnya.

Ucapan Ronan itu memicu kemarah Army yang menyebut Ronan tidak paham dengan apa yang diucapkannya.

"Jika kamu mendengarkan Army bicara tentang BTS< kamu akan menyadari itu bukan tentang fantasi memiliki mereka di ranjang kami, ini tentang apa yang mereka ajarkan pada kami," kata akun @RexHope3.

"Dia menyebut Bang PD 'Korean Louis Walsh'..dari semua hinaan dan nama yang disebut Bang PD, itu satu yang terburuk," tulis @LuLuvsOT7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com