Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2024, 13:17 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan agensi HYBE telah membagikan laporan sementara hasil audit anak perusahaannya, ADOR.

HYBE memulai audit terhadap manajemen ADOR setelah mendeteksi upaya sang CEO, Min Hee Jin, untuk berpisah menjadi agensi independen.

"Berdasarkan hasil audit, HYBE mengonfirmasi dan mendapatkan bukti nyata bahwa rencana untuk mengambil alih kendali manajemen telah ditetapkan di bawah arahan CEO ADOR," ungkap HYBE dikutip dari Soompi.

Baca juga: NewJeans Tetap Lanjutkan Rencana Comeback meski Terjadi Perselisihan antara HYBE dan ADOR

HYBE menuturkan, salah satu auditee menyerahkan bukti digital yang berisi informasi tentang rencana perebutan kendali manajemen dan menghubungi investor luar negeri, serta mengaku memiliki dokumen tertulis untuk menyerang HYBE selama penyelidikan.

"Berdasarkan investigasi tatap muka dan rekaman percakapan dari bukti digital yang diserahkan, CEO ADOR menginstruksikan tim manajemen untuk memikirkan cara menekan HYBE agar menjual saham ADOR yang dimilikinya," tutur HYBE.

Manajemen ADOR ternyata menggelar diskusi khusus mengenai cara mengakhiri kontrak eksklusif dengan artis sebelum waktunya dan membatalkan kontrak antara CEO ADOR dan HYBE.

Baca juga: Angkat Bicara Setelah Diaudit HYBE, ADOR Tuding ILLIT Meniru Semua Aspek NewJeans

"Percakapan seperti, 'menarik dana global dan membuat kesepakatan dengan HYBE', 'menyerang balik secara kritis semua yang dilakukan HYBE', dan 'memikirkan cara untuk menyiksa HYBE' juga terjadi," ungkap HYBE.

Rekaman percakapan tersebut juga berisi rencana eksekusi seperti mempersiapkan pertarungan opini publik di bulan Mei dan menjadikan ADOR cangkang kosong lalu membawanya pergi.

HYBE juga memperoleh pernyataan dari auditee bahwa “kata-kata 'akhirnya meninggalkan HYBE' ditulis persis seperti yang dikatakan oleh CEO ADOR.”

Baca juga: Konflik Agensi ADOR dengan HYBE

CEO HYBE, Park Ji Won meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran kepada penggemar, artis, dan personel label atas apa yang terjadi dalam proses peningkatan (sistem) multi-label.

“Sekarang insiden ini telah berakhir, kami akan memaksimalkan upaya kami untuk konseling psikologis dan stabilitas emosional para artis, yang merupakan aset berharga Kpop," ujar Park Ji Won.

HYBE mengumumkan bahwa gugatan resmi akan diajukan terhadap Min Hee Jin dan individu terkait atas pelanggaran kepercayaan dalam pekerjaan.

Sebelumnya, saat dituding mencoba memisahkan diri dari HYBE, ADOR menanggapi dengan pernyataan berisi tudingan bahwa HYBE melakukan peniruan konsep NewJeans yang didebutkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com