Menang di London Independent Film Awards, Rio The Survivor Lengkapi Koleksi 16 Penghargaan

Kompas.com - 28/01/2021, 20:13 WIB
Poster film Rio The Survivor Dok. Sutradara Yudie OktavPoster film Rio The Survivor

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestasi baru berhasil diraih film asal Indonesia, Rio The Survivor di ajang London Independent Film Awards 2020.

Dalam pengumuman pada 26 Januari 2021, film yang disutradarai Yudie Oktav ini memboyong dua kategori sekaligus yakni, Best Film dan Best Director.

"Iya, itu sebetulnya menambah, karena total sudah ada 16 penghargaan. Yang di London, yang terakhir Best Film dan Best Director," kata Yudie Oktav saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (28/1/2021).

Yudie berbagi, mampu memenangkan dua kategori bersamaan cukup mengejutkan untuknya.

Baca juga: Imperfect Raih 2 Penghargaan di Festival Film Bandung 2020

"Agak surprise juga sih," ujar Yudie.

Rio The Survivor diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang Rio, seorang anak laki-laki yang hidup dengan HIV dan tanpa orangtua.

Meski punya talenta bermain sepak bola, Rio sempat mengalami diskriminasi di sekolahnya.

Tak hanya mengisahkan perjuangan hidupnya, film yang diproduksi secara mandiri ini juga mengisahkan persahabatan Rio dengan teman-temannya.

Baca juga: Sinopsis In Between Dying, Garapan Sutradara Hilal Baydarov, Tayang Perdana di Festival Film Venice 2020

Sebelumnya Rio The Survivor telah mengikuti sejumlah festival film di luar negeri seperti Instanbul Film Festival (Turki), Stockholm City Film Festival (Swedia), Uruvatti International Film Festival (India).

Sudah ada sembilan penghargaan sebagai winner, dua sebagai finalis yang penilaiannya belum selesai, dan kini tengah masuk tiga nominasi.

Selain best film dan best director, Rio The Survivor juga pernah memenangkan kategori best actor dan best script writer.

Baca juga: Menyerah, Festival Film Cannes Batal Digelar Mei karena Virus Corona

Rio The Survivor dibintangi Raditya Evandra, mantan pesepakbola Bambang Pamungkas, Sri Widayati, Akinza Chevalier Kiyosaki, M. Abdqori Narendra Afandi, Brydden Fablo Escobar, dan masih banyak lagi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X