Film June & Kopi Terinspirasi dari Kisah Nyata Sang Sutradara

Kompas.com - 25/01/2021, 21:20 WIB
Acha Septriasa dan Ryan Delon dalam poster film June & Kopi. Instagram NetflixAcha Septriasa dan Ryan Delon dalam poster film June & Kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film keluarga June & Kopi akan tayang di Netflix pada Kamis (28/1/2021) hari ini.

Film keluarga yang diperankan oleh Ryan Delon dan Acha Septriasa ini bercerita soal keluarga kecil yang menganggap dua anjing tersebut sebagai anggota keluarganya. Dua anjing tersebut bernama June dan Kopi.

Baca juga: Adegan Menantang Acha Septriasa dalam Film June & Kopi

Ryan Delon berperan sebagai Ale, sementara Acha berperan sebagai Aya, istri dari Ale.

Kisah June dan Kopi ini disutradarai oleh Noviandra Santoso. Noviandra mengatakan, kisah dalam film ini terinspirasi oleh kisah nyatanya dengan beberapa anjing yang pernah dirawatnya.

"Itu aku ambil dari interaksi aku dan anjing aku yang sudah meninggal pas aku kuliah," ujar Novi dalam jumpa pers virtual, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Review Film June & Kopi, Persahabatan Mengharukan Manusia dan Anjing

Sutradara sekaligus trainer June dan Kopi ini menjelaskan, adegan interaksi antara keluarga Ale dan kedua anjing peliharaannya tersebut juga sebagian besar diadopsi dari kedekatannya dengan anjingnya dahulu.

Misalnya, tradisi yang dahulu ia lakukan kepada anjingnya tersebut. Mulai dari menyambut Noviandra pulang hingga menunggu di depan pintu kamar pun dimasukkan ke dalam scene film tersebut.

Baca juga: Sinopsis Film June & Kopi, Kisah Persahabatan Anjing dan Manusia

"Saya menyisipkan tradisi-tadisi kecil yang kami punya, seperti ketika ia loncat ke dada saya untuk menyambut saya pulang, duduk di luar bersama selama 30 menit, mengantarkan saya di tangga dan menunggu saya di depan pintu kamar sampai pagi," kata Novi.

Dengan adanya film soal kedekatan anjing dengan satu keluarga ini, Novi berharap penonton bisa berbuat baik kepada semua hewan.

"Cobalah untuk mencintai hewan, jangan jahati mereka," tutur dia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X