Kompas.com - 19/01/2021, 15:49 WIB
Dokter Richard Lee (kanan) berbincang dengan pembawa acara Boy William. YouTube Boy WilliamDokter Richard Lee (kanan) berbincang dengan pembawa acara Boy William.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter kecantikan, Richard Lee menyarankan Boy William untuk perawatan facial di klinik apabila ingin membuang komedo di wajahnya.

Hal itu diungkap Richard Lee dalam kanal YouTube Boy William.

"Facial beneran di klinik (bagus hilangkan komedo). Lagian (alat penyedot komedo) itu sakit-sakit doang," kata Richard Lee seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Boy William, Selasa (19/1/2021).

Boy William awalnya menunjukkan alat vakum atau penyedot komedo yang kerap digunakan kepada Richard Lee

Kemudian, Boy William mengaku tak pernah ke dokter untuk perawatan dan hanya menggunakan alat penyedot komedo untuk membersihkan wajahnya dari komedo.

"Gue enggak pernah perawatan. Enggak (facial di klinik), jadi begini-begini aja di rumah," ucap Boy William.

Baca juga: Pakai Baju Pasien, Boy William Joget TikTok Bareng Tenaga Medis dengan APD Lengkap

Menanggapi hal itu, Richard Lee lantas memberikan pendapat bahwa alat penyedot komedo itu tidak disarankan untuk digunakan.

Pasalnya, tak mengangkat komedo sampai ke akarnya. Sebaliknya, bisa melebarkan pembuluh darah di kulit wajah.

"Percuma. Jadi orang pakai ini (penyedot komedo) hanya ngelebarin pembuluh darah. Jadi, nanti ada urat-urat alus di wajahmu. Itu gara gara sedot sedot (komedo) pakai beginian," kata Richard Lee.

Mendengar perkataan itu, Boy William pun protes. Dia menyebut wajahnya masih tetap bagus walau sudah menggunakana alat penyedot komedo.

Baca juga: Ungkap Makanan Favorit Rahasia, Boy William: Jengkol

Menjawab pernyataan itu, Richard Lee mengatakan, kini wajah Boy William masih di ambang batas sehingga masih kelihatan sehat.

"Karena ambang batasnya (wajahnya) masih oke, tapi jangan dicobain terus. Kalau dicobain terus, suatu hari nanti ambang batasnya sudah lewat nih, jadi mudah rusak," ucap Richard Lee.

Kemudian, Richard Lee menyarankan Boy William untuk tidak lagi menggunakan alat penyedot komedo tersebut.

"Jangan (pakai lagi) tidak direkomendasi. Benar-benar tidak direkomendasikan," tutur Richard Lee.

Baca juga: Masih Sakit, Boy William Rayakan Tahun Baru di Rumah Sakit


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X