Kompas.com - 27/12/2020, 20:28 WIB
Musisi legendaris Iwan Fals YouTube Iwan Fals MusicaMusisi legendaris Iwan Fals

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Iwan Fals ingin kembali duduk ke bangku kuliah untuk mendapat gelar sarjana yang diinginkan ibunya.

Usai melantunkan lagu "Sarjana Muda", Iwan Fals meminta maaf karena belum bisa mendapat gelar sarjana sebagaimana keinginan ibunya.

"Permintaan maaf saya sama ibu saya. Beliau sangat ingin saya menjadi sarjana. Nantilah pelan-pelan kalau waktu senggang," kata Iwan Fals dikutip dari YouTube Iwan Fals Musica, Minggu (27/12/2020).

Secara pribadi, Iwan Fals juga mengungkapkan ingin kembali sekolah meskipun sudah tidak muda lagi.

Baca juga: Banyak Lulusan Sarjana Menganggur, Iwan Fals Sentil Sarjana Baru

 

Menurutnya, usia tidak bisa menghalangi keinginan seseorang untuk belajar. Apalagi, sekarang tersedia banyak media belajar secara daring.

"Saya juga masih ada keinginan untuk sekolah sebenarnya," tutur Iwan Fals disertai tawa.

"Kan enggak ada batasan umur sekolah. Apalagi sekarang ada kuliah terbuka di internet," lanjutnya.

Iwan Fals hanya berharap bisa mendapatkan ijazah sarjana seperti yang diinginkan ibunya.

Diketahui Iwan Fals pernah mengenyam pendidikan di tiga universitas. Hanya saja, ia tak melanjutkan kuliahnya hingga mendapat gelar sarjana.

Sebelumnya, Iwan Fals juga menjelaskan alasannya meninggalkan bangku kuliah saat itu.

Rupanya, Iwan Fals punya kegelisahan lantaran melihat ada begitu banyak lulusan sarjana yang akhirnya menjadi pengangguran.

Baca juga: Lagu Sarjana Muda Kegelisahan Iwan Fals Lihat Banyak Sarjana yang Menganggur


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X