Nasib Suami dan Anak Ketika Vanessa Angel Dipenjara, Kerepotan dan Kehilangan ASI Eksklusif

Kompas.com - 16/12/2020, 07:44 WIB
Bibi dan Vanessa Angel saat di luar Lapas Pondok Bambu. (Bidikan layar YouTube Beepdo). KOMPAS.com/Revi C RantungBibi dan Vanessa Angel saat di luar Lapas Pondok Bambu. (Bidikan layar YouTube Beepdo).

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpidana kasus penyalahgunaan zat psikotropika Vanessa Angel sedang menjalani masa hukuman di Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Pemilik nama lengkap Vanesza Adzania itu resmi dipenjara sejak 18 November 2020 setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menjatuhi hukuman penjara selama tiga bulan dipotong masa tahanan.

Resminya Vanessa Angel menjalani masa hukuman ini berdampak kepada suaminya, Bibi Ardiansyah dan anak semata wayangnya, Gala Sky Andriansyah yang masih berusia lima bulan.

Baca juga: Vanessa Angel Mulai Jalani Penahanan, Ini 5 Faktanya

Kehilangan ASI eksklusif

Bibi mengatakan anaknya kini berhenti minum air susu ibu (ASI) eksklusif dari ibunya karena ASI Vanessa saat ini sudah kering.

"ASI-nya sudah stop. Vanessa sudah kering ASI-nya. Jadinya kita pakai susu formula. Banyak yang tanya kenapa Gala kurus banget segala macam," kata Bibi di kawasan Ciputat, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2020).

"Bukannya kita enggak bisa kasih gizi, tapi dia memang lagi penyesuaian susu formula," ucap Bibi melanjutkan.

Baca juga: Wakili Perasaan Anaknya, Bibi Ardiansyah Meminta Menkumham Yasona Laoly Ringankan Hukuman Vanessa Angel

Kerepotan urus anak

Dampak Vanessa Angel juga dirasakan oleh Bibi yang mengaku mengalami kerepotan mengurus anaknya. Bibi sehari-hari harus momong Gala sambil bekerja.

"Repot banget. Ini ada kantung mata, enggak bisa dibohongin. Tidur sehari cuma dua jam, pagi Gala sudah bangun," kata Bibi.

Baca juga: Ditinggal Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah Akui Kerepotan Urus Anak

Cari keberadaan ibunya.

Bibi mengatakan, ia tidak bisa membesuk Vanessa Angel karena protokol kesehatan yang ketat mengenai pandemi Covid-19.

Walau begitu, Vanessa Angel sesekali menghubungi suaminya dan bertanya tentang kondisi anaknya melalui telepon umum yang ada di Lapas.

"Vanessa kan kalau telepon lewat wartel, terus ya sesekali gue dengerin suara Vanessa ke Gala, dia kayak bingung, Mamahnya di mana, mungkin karena dia anak belum lima bulan, dia mulai cari," kata Bibi.

Baca juga: Vanessa Angel Dipenjara, Bayinya Terpaksa Stop Minum ASI


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X