Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Suami dan Anak Ketika Vanessa Angel Dipenjara, Kerepotan dan Kehilangan ASI Eksklusif

Kompas.com - 16/12/2020, 07:44 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpidana kasus penyalahgunaan zat psikotropika Vanessa Angel sedang menjalani masa hukuman di Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Pemilik nama lengkap Vanesza Adzania itu resmi dipenjara sejak 18 November 2020 setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menjatuhi hukuman penjara selama tiga bulan dipotong masa tahanan.

Resminya Vanessa Angel menjalani masa hukuman ini berdampak kepada suaminya, Bibi Ardiansyah dan anak semata wayangnya, Gala Sky Andriansyah yang masih berusia lima bulan.

Baca juga: Vanessa Angel Mulai Jalani Penahanan, Ini 5 Faktanya

Kehilangan ASI eksklusif

Bibi mengatakan anaknya kini berhenti minum air susu ibu (ASI) eksklusif dari ibunya karena ASI Vanessa saat ini sudah kering.

"ASI-nya sudah stop. Vanessa sudah kering ASI-nya. Jadinya kita pakai susu formula. Banyak yang tanya kenapa Gala kurus banget segala macam," kata Bibi di kawasan Ciputat, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2020).

"Bukannya kita enggak bisa kasih gizi, tapi dia memang lagi penyesuaian susu formula," ucap Bibi melanjutkan.

Baca juga: Wakili Perasaan Anaknya, Bibi Ardiansyah Meminta Menkumham Yasona Laoly Ringankan Hukuman Vanessa Angel

Kerepotan urus anak

Dampak Vanessa Angel juga dirasakan oleh Bibi yang mengaku mengalami kerepotan mengurus anaknya. Bibi sehari-hari harus momong Gala sambil bekerja.

"Repot banget. Ini ada kantung mata, enggak bisa dibohongin. Tidur sehari cuma dua jam, pagi Gala sudah bangun," kata Bibi.

Baca juga: Ditinggal Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah Akui Kerepotan Urus Anak

Cari keberadaan ibunya.

Bibi mengatakan, ia tidak bisa membesuk Vanessa Angel karena protokol kesehatan yang ketat mengenai pandemi Covid-19.

Walau begitu, Vanessa Angel sesekali menghubungi suaminya dan bertanya tentang kondisi anaknya melalui telepon umum yang ada di Lapas.

"Vanessa kan kalau telepon lewat wartel, terus ya sesekali gue dengerin suara Vanessa ke Gala, dia kayak bingung, Mamahnya di mana, mungkin karena dia anak belum lima bulan, dia mulai cari," kata Bibi.

Baca juga: Vanessa Angel Dipenjara, Bayinya Terpaksa Stop Minum ASI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com