Haji Bolot: Umpamanya Enggak Ada yang Panggil, Pakai Uang Kontrakan Sudah Cukup

Kompas.com - 24/11/2020, 19:29 WIB
Haji Bolot dalam acara Okay Bos. (Bidikan layar YouTube Trans7 Official). KOMPAS.com/Revi C Rantung Haji Bolot dalam acara Okay Bos. (Bidikan layar YouTube Trans7 Official).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak senior Haji Bolot kini telah membuktikan kesuksesannya.

Sebagai informasi, pelawak bernama asli Muhammad Sulaeman Harsono ini memiliki 142 kontrakan yang dibangun dari hasil kerja kerasnya di dunia entertainment.

Dalam vlog di YouTube Komeng Info, Haji Bolot menjelaskan alasannya mengapa dia memutuskan untuk membangun kontrakan hingga ratusan unit.

Baca juga: Tak Mau Berutang, Haji Bolot Ogah Beli Barang Kredit

"Kalau artis mah kan enggak ada pensiunan. Besok lusa kita sudah enggak ada panggilan yang ada kita (buat) makan saja habis," ujar Haji Bolot dikutip dari kanal YouTube Komeng Info, Selasa (24/11/2020).

Untuk menjaga-jaga jika tak lagi mendapat job panggilan di televisi, Haji Bolot membangun kontrakan.

"Ada kontrakan, umpamanya enggak ada yang manggil, makan (hidup) pakai duit kontrakan aja sudah cukup," ujar Haji Bolot.

Baca juga: Cerita Awal Karier Haji Bolot, Pernah Tak Dapat Uang Selama Setahun

"Begitu pas jatuh, acara sudah enggak ada, enggak ada yang ngajak-ngajak shooting ya makan saja yang ada (hasil kontrakan)," ujarnya lagi.

Sebelumnya, pelawak berusia 78 tahun itu menceritakan masa lalunya hidup susah hingga harus menjadi buruh di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kemudian, Haji Bolot mencoba belajar melenong. Meskipun tanpa diberi upah atau honor, yang penting menurutnya adalah pengalaman.

Baca juga: Sebelum Ikut Lenong, Haji Bolot Pernah Jadi Buruh di Pelabuhan Tanjung Priok

Selama puluhan tahun berkarier, pada 1992 pertama kalinya Haji Bolot tampil di televisi dan namanya mulai dikenal orang.

"Kita jangan mencari uang dulu, mencari nama dulu. Kalau nama kita sudah ada, sudah dikenal, nanti uang yang nyariin kita," ucap Haji Bolot.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X