Cerita Awal Karier Haji Bolot, Pernah Tak Dapat Uang Selama Setahun

Kompas.com - 24/11/2020, 13:11 WIB
Haji Bolot saat menjadi bintang tamu di acara Okay Bos Trans7 YouTube TRANS7 OFFICIALHaji Bolot saat menjadi bintang tamu di acara Okay Bos Trans7
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak senior Haji Bolot mengaku pernah tidak mempunyai pegangan uang selama setahun saat awal karier.

Haji Bolot mengatakan, saat melenong bersama rekannya pada 1964, dia kerap kali tidak dibayar.

Penasaran, komedian Komeng bertanya berapa lama pelawak yang kini berusia 78 tahun itu tidak pegang uang.

"Berapa lama, Beh? Babeh enggak ngerasain megang uang?" tanya Komeng, dikutip dari kanal YouTube Komeng Info, Selasa (24/11/2020). 

Baca juga: Dulu Buruh Pelabuhan Kini Jadi Pelawak Sukses, Haji Bolot: Itu Rahasia Tuhan

"Waduh, barangkali hampir satu tahun kalau waktu itu," ujar Haji Bolot.

Haji Bolot bercerita, selain tidak punya uang, kendaraan saat itu sulit sehingga dia harus jalan kaki menuju tempat manggung saat akan melenong.

"Kalau main lenong kebanyakan jalan kaki, coba dari Jombang (Bintaro) ke Parung, jalan kaki. Kendaraan juga enggak ada, susah," tuturnya.

Pelawak bernama asli Muhammad Sulaeman Harsono itu mengatakan, sesuatu yang mudah didapat dalam hidup akan mudah juga hilangnya. 

Baca juga: Awal Ikut Lenong, Haji Bolot: Sering Enggak Dibayar, tapi Senang

"Pokoknya begini, apapun yang gampang kita dapatnya tapi gampang habisnya, apapun, harta, jabatan. Harta juga kalau kita gampang nyarinya, gampang buangnya," tuturnya.

"Iya benar, maksudnya enggak keluarin keringat, bukan kita yang keluarin keringat," sahut Komeng.

Haji Bolot senang bekerja di dunia seni karena menurutnya dia bekerja sebagai ibadah untuk menghibur orang.

"Kalau seni itu nyari duit halal banget, jangan cuma mencari uang, termasuk ibadah juga menghibur orang-orang biar ketawa sudah ibadah itu," ujar Haji Bolot. 

Baca juga: Sebelum Ikut Lenong, Haji Bolot Pernah Jadi Buruh di Pelabuhan Tanjung Priok

Setelah malang melintang bermain lenong, barulah setelah 26 tahun kemudian, Haji Bolot punya grup lenong sendiri yang beranggotakan rekan-rekannya dulu.

"Tahun 1990 baru punya grup lenong. 26 tahun kemudian," ujar Haji Bolot.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X