Kompas.com - 20/11/2020, 19:16 WIB
Marshanda (Tangkapan layar YouTube Merry Riana)Marshanda

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengidap bipolar disorder, artis peran Marshanda mengaku sering merasa sedih tanpa alasan yang jelas.

Mencoba bangkit, Marshanda menjelaskan, setiap melakukan kesalahan, dia pasti menghukum diri sendiri.

“Ketika gue berbuat salah, gue akan hukum diri gue sendiri. Gue akan belajar dari hal itu,” kata Marshanda, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Merry Riana, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Bicara soal Depresi, Marshanda Sebut karena Ada Pola Asuh yang Salah

Menurut artis yang kariernya melejit lewat sinetron Bidadari ini, menghukum bukan berarti melukai, tetapi menjadikan itu suatu pelajaran berharga agar bisa lebih baik lagi.

“Sehingga ketika orang lain buat salah, dia akan buat hal yang sama. Dan di situ aku belajar, kalau ada orang menyakitiku, it is not about me, it is about them,” tutur Marshanda.

Sejauh ini, Marshanda telah belajar ikhlas dan santai dalam menanggapi tiap perundungan yang dia terima di media sosial atau di mana saja.

Baca juga: Menderita Bipolar, Marshanda: Itu Sesuatu yang Sangat Bisa Dikontrol

“Jadi aku belajar ingetin diri sendiri bahwa itu sebenarnya mereka ngomongin diri mereka sendiri kok. Ini melatih diri untuk lebih compassionate (penyayang),” ujar Marshanda.

Sebagai informasi, pesinetron bernama lengkap Andriani Marshanda ini lahir di Jakarta, 10 Agustus 1989.

Namanya dikenal karena perannya sebagai Lala dalam sinetron Bidadari, Nia di sinetron Karunia, dan Yuni dalam Orang Ketiga.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X