Angga Dwimas Sasongko Ungkap Sulit Cari Dana untuk Produksi Film di Tengah Pandemi

Kompas.com - 18/11/2020, 14:37 WIB
Angga Dwimas Sasongko Sutradara film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini  saat promo film di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Jumat ( 3/1/2020). Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sedang tayang di bioskop. KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHAngga Dwimas Sasongko Sutradara film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini saat promo film di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Jumat ( 3/1/2020). Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sedang tayang di bioskop.

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh para pembuat film adalah mencari dana atau modal.

Saat diskusi virtual, sutradara Angga Dwimas Sasongko menuturkan bahwa ada kesulitan mencari dana pada masa awal pandemi.

“Tentunya di awal sulit ya karena kan investor akan ngeliat track record, akan ngeliat apakah satu perusahan tersebut accountable, good government,” ujar Angga Dwimas Sasongko, saat diskusi virtual, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Alasan Angga Dwimas Sasongko Buka Kelas Online Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

CEO Visinema Pictures ini mengatakan bahwa selama 12 tahun membangun Visinema, ia mengedepankan reputasi dan integritas yang tinggi.

Angga percaya bahwa modal utama mencari dana untuk produksi film bukan hanya dari proposal yang kuat.

“Saya percaya banget bahwa modal utama dari mencari investor bukan hanya proposal yang bagus dan bisnis model yang keren atau misal cerita yang oke, ide yang besar, tapi juga track record dari perusahaan sendiri,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Persahabatan Angga Dwimas Sasongko dengan Glenn Fredly

Selama ini, lanjut Angga, dia selalu mengedepankan standar operasional yang sama dari film-film yang diproduksinya sehingga investor tertarik masuk ke dalam proyek filmnya.

“Selama ini film-film yang kami kerjaan, baik dari film besar maupun film kecil kami melakukan standar yang sama terhadap operasionalnya dan itu yang mungkin dilihat investor hingga tertarik masuk project Visinema,” kata Angga.

Jika hal tersebut dilakukan, tinggi kemungkinan investor akan memberikan modal sehingga dapat berpengaruh terhadap market film Indonesia.

Baca juga: Cerita Persahabatan Angga Dwimas Sasongko dan Glenn Fredly, Sama-sama Pengagum Gusdur

“Ada possibility untuk kami bisa memberikan akses permodalan kepada lebih banyak pemain atau pembuat film sehingga membuat market Indonesia lebih variatif,” ungkapnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X