Sinopsis Laskar Pelangi, Film Inspiratif dari Novel Andrea Hirata

Kompas.com - 27/10/2020, 20:18 WIB
Verrys Yamarno, Ferdian dan Zulfanny dalam film Laskar Pelangi (2008). Miles FilmsVerrys Yamarno, Ferdian dan Zulfanny dalam film Laskar Pelangi (2008).

JAKARTA, KOMPAS.com - Laskar Pelangi merupakan salah satu film inspiratif Indonesia yang tayang pada 2008.

Film ini diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Andrea Hirata dan mendapat sambutan positif dengan perolehan penonton mencapai 4.6 juta di bioskop.

Berdurasi 125 menit, Laskar Pelangi merupakan film hasil garapan kerjasama sutradara Riri Riza, penulis skenario Salman Aristo, dan produser Mira Lesmana.

Baca juga: Sinopsis Film The Golden Era, Kisah Inspiratif Seorang Penulis Tiongkok, Tayang di Viu

Pada 1970, di desa Gantong, Pulau Belitung, terdapat sebuah gedung sekolah SD dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Sekolah ini bernama SD Muhammadiyah Gantong dan menjadi satu-satunya tempat bersekolah anak-anak miskin di desa tersebut.

SD ini juga terancam ditutup oleh dinas pendidikan setempat karena kekurangan murid.

Baca juga: Film Sejuta Sayang Untuknya, Kisah Menyentuh Hati yang Tayang Hari ini di Disney+

Pemerintah mensyaratkan minimal ada 10 siswa yang bersekolah namun kini hanya ada sembilan siswa yang mendaftar di SD tersebut.

Bapak Harfan (Ikranagara) selaku kepala sekolah hampir menyerah tapi Bu Muslimah (Cut Mini) tetap percaya akan ada satu lagi siswa yang mendaftar.

Nasib sekolah terselamatkan dengan hadirnya Harun (Jeffry Yanuar), siswa keterbelakangan mental dan Lintang (Ferdian), siswa miskin tapi jenius.

Baca juga: Sinopsis Film Rentang Kisah, Adaptasi Novel Gita Savitri, Tayang Besok di Disney Plus Hotstar

Sejak saat itu, Bu Muslimah dengan keikhlasan hati mendidik ke 11 muridnya dengan segala keterbatasan dan menamai mereka dengan julukan anak-anak Laskar Pelangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X