Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Korea Tolak Drama Youth Pakai Nama Asli Member BTS, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/10/2020, 10:47 WIB
Rintan Puspita Sari,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

JAKARTA, KOMPAS.com - Drama baru berjudul Youth yang dibuat berdasarkan cerita BTS Universe dan diperankan oleh tujuh aktor baru itu mendapat reaksi dari netizen Korea Selatan.

Meskipun disambut gembira, drama itu juga memicu protes penggemar BTS karena Youth  disebutkan akan menggunakan nama asli para anggota BTS di dalam drama.

Protes ditujukan kepada agensi BTS, Big Hit Entertainment. Netizen mendesak Big Hit mengganti nama karakter dengan nama lain.

Baca juga: Serba-serbi Drama Youth BTS Universe, Umumkan Pemeran hingga Karakter 7 Member

Berikut ini sedikit latar belakang BTS Universe, yang membuat netizen Korea berpikir menggunakan nama asli mereka bukanlah ide yang baik.

BTS Universe dapat dibagi menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah video musik dan konten video. Dalam jenis konten ini, para member sendiri muncul di video.

Kedua, webtoon, buku, dan game yang alur ceritanya diekspresikan melalui kata-kata dan gambar.

Baca juga: 7 Aktor Muda Berakting dalam Drama Youth BTS, Jeon Jin Seo Perankan Jungkook

Jenis ketiga adalah drama di mana pihak ketiga memerankan anggota BTS.

Jenis pertama menampilkan adegan pendek dengan metafora tidak langsung yang mengekspresikan masa muda yang sulit dan gelisah yang tidak membangkitkan semangat.

Selain itu, karena para anggota muncul langsung di video, banyak reaksi penggemar yang positif dan merasa bahwa itu adalah bagian dari teori alur cerita.

Baca juga: Kabar Gembira, Berikut Bocoran Jadwal Tayang Drama BTS

Namun pada tipe kedua dengan webtoon, buku, dan game, alur cerita mulai mengungkap alam semesta yang lebih detail.

Pada titik ini, karakter menjadi lebih spesifik, seperti membuat pilihan ekstrem, putra anggota parlemen, keluarga yang menikah lagi dengan saudara tiri, pacar yang sudah meninggal, dan lainnya.

Meskipun banyak penggemar mungkin sedikit terkejut dengan detail alur cerita, mereka tetap menerimanya, itu sebagai lebih banyak teori dan menghubungkannya ke BTS Universe.

Jenis kedua juga kebanyakan dilihat penggemar saja, sehingga dimungkinkan untuk terus melihatnya jika perlu.

Namun untuk tipe ketiga, yakni drama, dianggap sudah melampaui batas.

Penggemar BTS di Korea menganggap bukan ide bagus menggunakan nama asli member BTS yang notabene masih aktif untuk cerita fiktif.

Penonton drama yang tidak tahu apa-apa tentang BTS bisa menganggap cerita dalam Youth benar-benar cerita kehidupan para member boy group itu.

Selama Big Hit terus menyebutnya sebagai 'Drama BTS', semua peran dalam drama tersebut secara langsung dan tidak langsung terkait dengan anggota BTS.

Sudah beberapa hari sejak penggemar berbicara tentang masalah ini dan Big Hit masih belum merilis pernyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com