Fakta-fakta Hebohnya Video Klip Via Vallen, Disebut Menjiplak dan Akhirnya Dihapus

Kompas.com - 25/10/2020, 07:47 WIB
Pedangdut Via Vallen (kiri) dalam video musik Kasih Dengarkanlah Aku dan IU dalam video Above The Time. YouTube Ascada Music - 1theKPedangdut Via Vallen (kiri) dalam video musik Kasih Dengarkanlah Aku dan IU dalam video Above The Time.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar Kpop dibuat heboh dengan kabar dari Korea Selatan yang ramai membahas penyanyi Indonesia yang meniru video musik IU "Above The Time".

Rupanya, video musik milik Via Vallen berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" disebut menjiplak video musik milik IU, "Above The Time".

Dari komentar pedas akhirnya direspons oleh pihak manajemen, hingga akhirnya diputuskan untuk menurunkan video musik tersebut.

Berikut fakta-fakta di balik tudingan penjiplakan tersebut.

Penuh kritik tajam dari penggemar

Kolom komentar video "Kasih Dengarkanlah Aku" milik Via Vallen yang disebut menjiplak video IU "Above The Time" akhirnya dibanjiri kritikan pedas.

" Plagiat mv (music video) mbak IU ya," tulis salah satu akun di YouTube.

"Mengambil insipirasi dari karya artis lain boleh saja, tetapi menjiplaknya adalah tidak menghormati artis tersebut dan tim yang bersusah payah membuatnya," kata warganet lain dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Via Vallen Dituding Jiplak Video Musik IU Above The Time

Timbulkan kemarahan UAENA

Penggemar IU, UAENA, di Indonesia geram dan meminta pertanggungjawaban dari pihak manajemen dan semua yang terlibat atas pembuatan video tersebut.

"Lihat musik video Via Vallen sumpah kesal, bukan berarti aku tidak cinta produk lokal, tetapi itu plagiat, enggak baik, tidak patut dihargai! Benar-benar sepersis itu music videonya, enggak ngehargai original director-nya lho," tulis akun Twitter @marrgimbap_.

"Teruntuk pihak music video Via Vallen, tolong segera ambil sikap tentang masalah plagiat music video IU, mumpung ini masalah belum sampai ke luar dan jadi semakin besar, enggak bagus untuk artis kalian," tulis akun Twitter @Ming12306735176.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X