Via Vallen Dituding Jiplak Video Musik IU "Above The Time"

Kompas.com - 24/10/2020, 11:17 WIB
Pedangdut Via Vallen (kiri) dalam video musik Kasih Dengarkanlah Aku dan IU dalam video Above The Time. YouTube Ascada Music - 1theKPedangdut Via Vallen (kiri) dalam video musik Kasih Dengarkanlah Aku dan IU dalam video Above The Time.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama penyanyi dangdut Via Vallen menjadi perbincangan di jagat media sosial.

Video musiknya yang berjudul " Kasih Dengarkanlah Aku" dituding menjiplak video musik berjudul " Above The Time" milik penyanyi kondang Korea Selatan, IU.

Kolom komentar video "Kasih Dengarkanlah Aku" itu penuh dengan kritik tajam karena konsepnya yang sama persis dengan "Above The Time".

Baca juga: Kata Via Vallen Tentang Penyanyi yang Sering Cover Lagu Orang Lain

" Plagiat mv (music video) mbak IU ya," tulis salah satu akun di YouTube.

Bahkan ada yang menulis "TAKE DOWN" beberapa kali dan mengakhirinya dengan "This is plagiarism" dengan huruf kapital.

"Mengambil insipirasi dari karya artis lain boleh saja, tetapi menjiplaknya adalah tidak menghormati artis tersebut dan tim yang bersusah payah membuatnya," kata warganet lain dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Via Vallen Klarifikasi Usai Tulis Komentar soal Obat Herbal di Instagram Anji

"Saya berharap orang yang bertanggung jawab (atas video musik itu) berbicara dan menjelaskan karena ini menyedihkan. Suara-suara yang merdu itu jadi terabaikan karena musik videonya benar-benar menjiplak Above The Time milik IU," lanjut warganet itu.

Kemarahan atas video musik Via Vallen juga meramaikan Twitter. Para penggemar IU, yang biasa disebut UAENA, geram dan meminta pertanggungjawaban Via Vallen dan manajemennya serta pihak yang terlibat pembuatan video tersebut.

Mereka menyebut Via Vallen dan tim tidak menghargai sutradara video klip "Above The Time".

Baca juga: Via Vallen Tanggapi Permintaan Maaf Kristina soal Lagu Secawan Madu, Apa Katanya?

"Lihat music video Via Vallen sumpah kesal, bukan berarti aku tidak cinta produk lokal, tetapi itu plagiat, enggak baik, tidak patut dihargai! Benar-benar sepersis itu music videonya, enggaj ngehargai original director-nya lho," tulis akun Twitter @marrgimbap_.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X