AMI Awards 2020 Siap Digelar, 2.971 Karya Musik Diseleksi

Kompas.com - 22/10/2020, 14:37 WIB
Nominasi AMI Awards ke-23 Instagram AMI AwardsNominasi AMI Awards ke-23

JAKARTA, KOMPAS.com - Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards bakal kembali digelar pada 27 November 2020 dengan tema "Musik Menyatukan Kita".

Ketua Umum AMI Awards Dwiki Dharmawan mengatakan, jumlah pendaftaran karya mengalami peningkatan sekitar 50 persen.

Totalnya, dari 1.973 karya pada 2019 menjadi 2.971 karya pada tahun ini.

Baca juga: Dapat 2 Nominasi AMI Awards, Tiara Andini: Enggak Bisa Merencanakan kalau Menang Bakal Pidato Apa

"Total ada 53 kategori dan dua penghargaan khusus, yaitu Legenda Musik Indonesia dan Lifetime Achievement," kata Dwiki dalam pertemuan virtual, Rabu (21/10/2020).

Dwiki Dharmawan menjelaskan, pemenang nominasi tidak ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri kategorisasi.

Dwiki mengungkapkan, AMI Awards menganut sistem akademis yang sama seperti Grammy Awards di Amerika Serikat.

Baca juga: Tiara Andini Masuk Dua Nominasi AMI Awards: Enggak Sangka Secepat Ini

"Kalau untuk menentukan pemenang, tentunya voting dari anggota voting member suara dari AMI Awards, itulah yang menentukan, menghasilkan pemenangnya nanti," kata Dwiki.

"Jadi bukan dewan juri tertentu atau AMI sendiri dan ini akan diaudit oleh auditor publik juga secara penghitungannya," ucapnya melanjutkannya.

Sementara Ketua Tim Juri Kategorisasi AMI Awards ke-23, Syaharani, mengatakan bahwa proses seleksi dilakukan dengan ketat dan harus mendengarkan karya sebanyak 2.971 lagu secara satu persatu.

Baca juga: Pihak AMI Awards 2020 Pastikan Tak Ada Kategori Titipan

Oleh karena itu, Syaharani memastikan proses pengkategorisasian AMI Awards berdasarkan diskusi yang alot dan tanpa adanya pesanan atau titipan kategori nominasi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X