Bukan Cuma Gender, Raisa Sebut Masalah Penting Lain di Industri Musik Indonesia

Kompas.com - 21/10/2020, 16:56 WIB
Raisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMORaisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Raisa Andriana tak memandang kesetaraan gender menjadi masalah utama di industri musik Indonesia.

Pelantun lagu "Serba Salah" ini justru melihat ada masalah penting lain yang harus dibenahi.

Menurut Raisa, perempuan yang berkarier di industri musik selalu mendapat ekspektasi lebih jika dibandingkan kaum laki-laki.

"Kalau aku sih lebih ngerasa yang jadi masalah tuh ekpektasi terhadap perempuan di dalam industri musik," kata Raisa dalam webinar Diksi Diskusi Industri Musik dan Musisi, Rabu (21/10/2020).

"Lebih ke kayak, 'kalau cewek tuh harus gini, harus gitu, pakai bajunya gini, bagusnya pakai itu.' Dan itu sangat-sangat real banget," ujar Raisa lagi.

Baca juga: Raisa: Kalau Lee Min Ho Kenal Gue, Dia Bisa Naksir Gue Enggak Ya?

Sampai saat ini, bahkan Raisa merasa masih kerap menemukan hal tersebut ada di industri musik Tanah Air.

Hal-hal seperti itu bahkan dirasakan oleh Raisa di awal-awal kariernya.

"Dan itu aku hadapi terus sampai sekarang masih sih. Tapi sekarang udah lebih punya privilege aja sih," kata istri Hamish Daud tersebut.

Raisa mengawali kariernya di industri musik pada tahun 2010 dengan singel debut "Serba Salah".

Sejak saat itu, karier Raisa terus menanjak hingga menjadi salah satu solois perempuan terbaik Indonesia.

Baca juga: Fakta Penundaan Konser Tunggal Raisa di GBK


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X