Punya Gelar Doktor dari AS, Deddy Corbuzier: di Indonesia Tidak Diakui

Kompas.com - 19/10/2020, 19:44 WIB
Deddy Corbuzier saat berbincang dengan Ivan Gunawan YouTube Deddy CorbuzierDeddy Corbuzier saat berbincang dengan Ivan Gunawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki gelar doktor, Deddy Corbuzier mengaku tak bisa memanfaatkannya ketika sudah berada di Indonesia.

Saat memandu podcast dengan bintang tamu Chef Arnold, Deddy menceritakan tentang gelar doktor yang ia peroleh dari luar negeri, walaupun tak pernah sekolah sulap secara resmi.

Gelar tersebut tak main-main, karena sejumlah pesulap ternama dunia juga mendapatkannya, sebut saja David Copperfield, David Blaine, hingga Criss Angel.

Baca juga: Cara Deddy Corbuzier Bangkitkan Moril Azka yang Dibandingkan dengan Dirinya

"Gue itu punya gelar doctoral in magic, itu Art and Magic, gue dari International Magician Society Academy," kata Deddy seperti dikutip dari podcast-nya, Senin (19/10/2020).

Chef Arnold takjub mengetahui Deddy mendapat gelar yang sama dengan pesulap-pesulap ternama dunia.

Tak cukup di situ, Deddy juga menceritakan bahwa ia pernah memenangi Merlin Award, penghargaan tertinggi di bidang sulap, selama dua tahun berturut sebagai mentalist terbaik dunia.

Baca juga: Chef Arnold Poernomo: Om Deddy Corbuzier Ngapain Sih Bikin Podcast?

"I win best mentalist in the world, dua kali berturut-turut, terus gua ngajar di akademinya mereka, because I win that. Setelah gua ngajar di akademinya mereka, mereka ngasih itu sertifikat, kayak honoris causa, you're doctor in art of magic di Amerika," ujar Deddy.

Namun, sertifikat gelarnya itu tak berlaku di Indonesia, sehingga menurut dia, seperti tidak ada artinya ketika dibawa ke Indonesia.

"Di Indonesia enggak bisa buat apa-apa, tidak diakui, apa ini, ngelamar kerja dan ngasih begituan, 'maaf gunanya apa ini'," kata Deddy berkelakar.

Baca juga: Deddy Corbuzier: Anak-anak Sekarang Fasilitas Terpenuhi, Malah Tidak Menghargai Itu


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X