Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadri Mohamad Hidupkan Kembali Endrass dengan Rilis Lagu Tak Kan Datang

Kompas.com - 19/10/2020, 18:39 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi yang juga seorang pengacara berjuluk 'The Singing Lawyer' Kadri Mohamad, menghidupkan lagi band rock pertamanya yang cukup lama vakum, yaitu Endrass.

Kebangkitan Endrass ditandai dengan rilisnya singel terbaru karya Kadri yang berjudul "Tak Kan Datang".

Pada awalnya Endrass merupakan sebuah komunitas drummer pertama di Indonesia yang didirikan pada 1983 oleh Ekki Soekarno. Kadri Mohamad menjadi vokalis andalan di komunitas tersebut.

Baca juga: Konsistensi Kadri Mohamad di Dunia Musik dan Hukum

Ide menghidupkan kembali Endrass yang sudah bertahun-tahun lamanya vakum datang dari Kadri.

Ia mengajak teman-teman lainnya, yaitu Ekki Soekarno (Bass), Maully Gagola (Gitar), Syamsul (Drum), dan Dana Reinardi (keyboard) untuk tetap berkreativitas meskipun dalam masa Pandemi Covid-19.

“Ceritanya pas PSBB di bulan Maret kemarin, efek stay at home, saya tantang temen-temen lama Endrass untuk tetap produktif di era pandemi. Yuk bikin lagu bagus dengan sound dan kemasan modern, sampai ke video klip dan art work-nya harus keren. Buktikan bahwa musisi senior selalu update dengan zaman. Jangan tampil jadoel!”," ujar Kadri melalui keterangan tertulis, Senin, (19/10/2020).

Baca juga: Kadri Mohamad: Yockie Suryo Prayogo adalah Bahaduri

Lagu "Tak Kan Datang" dicipta oleh Kadri ini bercerita tentang cinta seorang perempuan yang ditinggal pacarnya karena tidak bisa lepas dari narkoba yang menjeratnya.

Sedang aransemennya dibantu oleh Popo Fauza yang bersama anggota Endrass lainnya mengemas lagu ini sehingga menjadi lebih menarik dan kekinian.

Dalam kesempatan yang sama, Ekki Soekarno yang selama ini dikenal sebagai seorang drummer memilih bermain bas dalam proyek ini. 

Proses rekaman dilakukan di Studio milik Once di kawasan Pondok Pinang. Setelah proses rekaman dan mixing, untuk urusan mastering dipercayakan kepada Kelana Halim yang pernah dipercaya untuk mixing lagunya U-2.

Baca juga: Kadri Mohamad: Yockie Suryo Prayogo Harus Diberi Penghargaan

Sedangkan untuk distribusi digital singel ini, Endrass mempercayakan kepada label kondang Aquarius Musikindo.

Video klip lagu " Tak Kan Datang" mulai hari ini sudah dapat dilihat di channel youtube Aquarius Musikindo.

Adapun, single perdana dari Endras ini tak luput dari pengamatan pemerhati musik sekaligus Ketua PWI Jaya Seksi Musik Film dan Livestyle Irish Riswoyo.

Menurut dia, lagu ini menarik dan unik karena meski digarap dengan menyesuaikan zaman, tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari Endrass itu sendiri.

Baca juga: Kadri Mohamad: Kami Kira Yaya Moektio Sudah Bersih Narkoba

"Perpaduan antara power dan vokal yang khas dari Kadri, dengan musik khas Endrass yang berbasis ritmik, permainan drum ala Syamsul yang terkenal unik dan tidak biasa itu, mampu membentuk signatur yang kuat dan khas pada musik Endrass dalam lagu ini," ujarnya.

"Saya pikir keunikan yang ditawarkan oleh Endrass lewat single perdana 'Tak Kan Datang' ini akan mendapat respons yang positif dan disenangi oleh kalangan anak muda zaman sekarang (milenial)," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com