Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Gelar Doktor dari AS, Deddy Corbuzier: di Indonesia Tidak Diakui

Saat memandu podcast dengan bintang tamu Chef Arnold, Deddy menceritakan tentang gelar doktor yang ia peroleh dari luar negeri, walaupun tak pernah sekolah sulap secara resmi.

Gelar tersebut tak main-main, karena sejumlah pesulap ternama dunia juga mendapatkannya, sebut saja David Copperfield, David Blaine, hingga Criss Angel.

"Gue itu punya gelar doctoral in magic, itu Art and Magic, gue dari International Magician Society Academy," kata Deddy seperti dikutip dari podcast-nya, Senin (19/10/2020).

Chef Arnold takjub mengetahui Deddy mendapat gelar yang sama dengan pesulap-pesulap ternama dunia.

Tak cukup di situ, Deddy juga menceritakan bahwa ia pernah memenangi Merlin Award, penghargaan tertinggi di bidang sulap, selama dua tahun berturut sebagai mentalist terbaik dunia.

"I win best mentalist in the world, dua kali berturut-turut, terus gua ngajar di akademinya mereka, because I win that. Setelah gua ngajar di akademinya mereka, mereka ngasih itu sertifikat, kayak honoris causa, you're doctor in art of magic di Amerika," ujar Deddy.

Namun, sertifikat gelarnya itu tak berlaku di Indonesia, sehingga menurut dia, seperti tidak ada artinya ketika dibawa ke Indonesia.

"Di Indonesia enggak bisa buat apa-apa, tidak diakui, apa ini, ngelamar kerja dan ngasih begituan, 'maaf gunanya apa ini'," kata Deddy berkelakar.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/19/194428666/punya-gelar-doktor-dari-as-deddy-corbuzier-di-indonesia-tidak-diakui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke