Bayi Rianti Cartwright Sempat Dilarikan ke NICU, Kenapa?

Kompas.com - 07/08/2020, 17:41 WIB
Rianti Cartwright dan suaminya, Cas, mengumumkan kehamilan Rianti melalui program bayi tabung. YouTube/Rianti CartwrightRianti Cartwright dan suaminya, Cas, mengumumkan kehamilan Rianti melalui program bayi tabung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Rianti Cartwright menceritakan bagaimana bayinya, Cara Rose Kanaya Nainggolan menjalani perawatan NICU usai dilahirkan pada Sabtu (25/7/2020).

Lewat media sosial Instagram, Rianti menceritakan penyebab bayinya sempat dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Di antara penyebabnya adalah pecah ketuban dan lamanya pembukaan jadi penyebab Rose harus dirawat di NICU

"Karena faktor-faktor di atas (ketuban pecah dini, proses pembukaan lama etc) Rose langsung dibawa ke NICU dan harus dirawat dengan antibiotik selama beberapa hari," tulis Rianti di akun @riantic, dikutip Jumat (7/8/2020). 

Baca juga: Penantian 10 Tahun Rianti Cartwright untuk Cara Rose Kanaya Nainggolan

Rianti sedih ketika mengetahui tidak bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bayinya sesaat setelah melahirkan.

Oleh sebab itu, Rianti harus memompa ASI untuk dikirimkan ke ruang NICU agar bisa diberikan pada Rose lewat selang.

"Perawat di NICU bilang 'Ibu jangan nangis terus nanti ASInya bisa berhenti'. Praise God, walaupun perasaan tidak karuan tapi ASI tetap lancar, 'I think this is a miracle'," tulis Rianti.

Meski begitu, Rianti bersyukur, hanya dalam hitungan hari selang Rose dilepas dan Rianti bisa menyusui langsung, walaupun masih tetap harus berada di ruang NICU. 

Baca juga: Selamat, Rianti Cartwright Melahirkan Anak Pertama Setelah Menanti 10 Tahun

Sambil berjalan di koridor setiap menuju ruang NICU, Rianti selalu menangis, tapi dia beruntung dengan masker dan penutup mata dia bisa menutupi mata bengkaknya.

Setidaknya, ada hal yang buatnya bersyukur juga atas pandemi ini, dan lebih bersyukur kondisi bayinya membaik.

"Sekarang Cara Rose sudah di rumah, she is a healthy and happy baby," tulis Rianti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Let me share a very personal story. Ladies, siapa yang setelah persalinan pertama kali langsung minta maaf dan peluk cium ibunya? ???? That was me. Ternyata segitunya ya perjuangan seorang Ibu. Kebetulan Rose lahir per vaginam. Karena memang selama hamil tidak ada faktor yang menuntut harus c-section. Tapi menurut aku persalinan per vaginam atau cesarean section sama aja perjuangannya. Both are beautiful and challenging and require you to dig for a strength you never thought you had. . Cara Rose’s birth story was quite eventful. Ketuban pecah pada hari Jumat tgl 24 Juli jam 11 malam. Untungnya aku sudah berada di RS jadi bisa langsung turun ke ruang persalinan. Disana aku harus tidur terlentang sambil menunggu pembukaan (rencana labour dance dan bouncing on my pregnancy ball buyar but I had to trust in His plan). Ternyata tidur terlentang dan nunggu pembukaannya sampai 19 jam lebih ????. Rasanya uwoww. . Cara Rose lahir pada hari Sabtu tgl 25 Juli jam 6.50 malam dengan berat 3.74kg dan panjang 51cm. Karena faktor2 diatas (ketuban pecah dini, proses pembukaan lama etc) Rose langsung dibawa ke NICU dan harus dirawat dengan antibiotik selama beberapa hari. Perasaanku waktu itu campur aduk antara takut, sedih, khawatir etc etc semua jadi satu. Puji Tuhan, berkat keahlian dan bantuan para dokter, bidan dan perawat di RSIA Bunda, Rose dinyatakan sehat seratus persen dan bisa pulang. Yang bikin aku sedih selama Rose di NICU adalah aku tidak bisa IMD langsung setelah lahiran. All our plans went out the window (@casalfonso says that this taught him to be humble and always expect the unexpected). Aku smp gak bawa alat pumping ke RS saking pedenya, baru besoknya digojekin (thank you @dr_yessiastrica , giftnya sangat berguna). Akhirnya aku pumping di kamar dan kirim ASI ke NICU setiap beberapa jam. ASInya dikasih ke Rose lewat selang. Perawat di NICU bilang “Ibu jangan nangis terus nanti ASInya bisa berhenti”. Praise God, walaupun perasaan tidak karuan tapi ASI tetap lancar (I think this is a miracle). Setelah beberapa hari selang ASInya Rose bisa di lepas. Aku diperbolehkan turun ke NICU setiap 2-3 jam untuk menyusui langsung. (continued in comments)

A post shared by RiantiCartwright Ny.Nainggolan (@riantic) on Aug 6, 2020 at 9:59pm PDT


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X