Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soraya Larasati Lapor Polisi Usai Jadi Korban Pelecehan Seksual

Kompas.com - 07/04/2020, 17:27 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Soraya Larasati telah melaporkan pelaku pelecehan seksual terhadapnya ke polisi.

"Sekarang ini, tindakan yang sudah saya lakukan adalah saya sudah melapor juga ke polsek setempat," kata Soraya Larasati saat dihubungi wartawan, Senin (6/4/2020).

Bahkan, menurut Soraya, pihak kepolisian sudah memeriksanya terkait pelecehan seksual yang dialaminya.

"Kebetulan orangnya (pihak polsek) sudah datang ke rumah dan saya sudah menceritakan kronologis dan mereka juga sudah cek lokasi kejadian," ujarnya

Baca juga: Syok Alami Pelecehan Seksual, Soraya Larasati Tak Sempat Memotret Pelaku

Meski menyadari bukan hal yang mudah untuk menemukan pelaku, Soraya Larasati berharap lewat kejadian ini keamanan di sekitar rumahnya diperketat.

"Mudah-mudahan walaupun buktinya belum kuat, tapi mereka jadi lebih waspada lagi atau kayak masang CCTV di sekitar situ," tutur Soraya Larasati.

"Cuma saya rasa kejadian kayak gini kan enggak mungkin bisa terjadi si satu spot saja ya, bisa terjadi di mana saja dan kapan saja ya, waspada sajalah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Soraya Larasati bercerita dirinya mengalami pelecehan seksual oleh seorang pengendara bermotor.

Baca juga: 3 Pengakuan Soraya Larasati yang Alami Pelecehan Seksual

Melalui unggahan di akun Instagram miliknya, Soraya menceritakan kejadian tak menyenangkan itu dialaminya saat sedang lari pagi di sekitar kompleks rumahnya.

"Hari ini banyak pelajaran yang diambil... Dari berlari long run sekitaran komplek perumahan yang biasanya aman sentosa tidak pernah ada masalah..." tulis Soraya Larasati seperti dikutip Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Soraya Larasati bercerita, tiba-tiba seorang pengendara bermotor menghampirinya dan melakukan tindakan pelecehan seksual terhadapnya.

"Ternyata pagi ini saya mendapatkan ketidaknyamanan dizalimi pengendara motor asing dengan helm full face. Saya merasa mendapat perlakuan “pelecehan seksual” dari pengendara motor yang dengan sengaja menyentuh bagian dada saya kemudian langsung kabur begitu saja..." ujar Soraya.

Baca juga: Alami Pelecehan Seksual, Soraya Larasati: Ini Pengalaman Berbahaya Sekali

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hari ini banyak pelajaran yang diambil... Dari berlari long run sekitaran komplek perumahan yang biasanya aman sentosa tidak pernah ada masalah... Menjadi “perhatian” besar buat aku dan sekaligus “tamparan”... . Di tengah wabah covid-19 yang mengharuskan kita untuk #dirumahaja... Ternyata bukan hanya untuk melindungi kesehatan kita.... Tapi melindungi kita dari tindakan kriminalitas yang ternyata makin meningkat... . Yang dalam situasi pagi hari di jam 7 pagi.... Tempat umum dan banyak lalu lalang kendaraan... Walaupun tidak serame pada umumnya minggu pagi... Ternyata pagi ini saya mendapatkan ketidaknyamanan dizalimi pengendara motor asing dengan helm full face.... Saya merasa mendapat perlakuan “pelecehan seksual” dari pengendara motor yang dengan sengaja menyentuh bagian dada saya kemudian langsung kabur begitu saja... Hit and Run.... Tanpa sempat saya foto plat nomor kendaraannya.... Karena shock bangett.... . Dalam kondisi berlari... Jadi saya fokus aja gt... Tiba2 ada yang mencomot bagian dada saya dari belakang... Tepatnya lokasi di sektor 5 bintaro depan stan.... Di situ padahal ada lalu lalang kendaraaan.... Yang menjadi perhatian... Kejadian ini bisa terjadi sama siapa saja.... Padahal saya berhijab dan berpakaian longgar.... Kebetulan saya juga sebenarnya lari sama suami dan teman.... Tapi memang krn kesiangan larinya.... Jadi rencana ketemuan di tengah2..... Mereka kebetulan tidak berada bersama saya pas kejadian..... . Ini pengalaman yang menurut saya berbahaya sekali.... Mengigat kita wanita ... Dan bisa saja tindakan kriminalitas ini menjadi meningkat sampai level yang astagfirullah kita takut untuk membayangkannya.... . Saya tidak niat menuntut apa2 dari pelaku... Karena azab Allah pasti nyata... Saya doakan semoga diberikan hidayah karena azab Allah sangat pedih.... . Jadi pesan moral buat para runners.... Lebih baik berolahraga di rumah... Ataupun mau di luar komplek, sebisa mungkin lawan arus kendaraan supaya bisa lebih waspada.... Dan sebaiknya ditemani mahram.... Untuk bisa melindungi diri.... . . #noteformyself #selfreminder #dirumahaja

A post shared by Soraya Larasati (@sorayalarasat1) on Apr 4, 2020 at 9:17pm PDT

 

"Dalam kondisi berlari...Jadi saya fokus saja gitu...Tiba-tiba ada yang mencomot bagian dada saya dari belakang... Tepatnya lokasi di sektor 5 bintaro depan stan.." ujarnya.

Kata Soraya, saat itu dia memang berencana akan bertemu di satu titik dengan suami dan temannya yang juga sedang berolahraga.

Hal itu pun menjadi teguran bagi Soraya Larasati untuk lebih berhati-hati saat berlari di luar rumah.

Baca juga: Jadi Korban Pelecehan Seksual, Soraya Larasati Tak Menuntut Pelaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com