Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Estianty dan Cathy Sharon Salurkan APD untuk 35 Rumah Sakit

Kompas.com - 26/03/2020, 22:13 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Maia Estianty dan pembawa acara Cathy Sharon bersama Geng Tempey menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis di 35 rumah sakit di Indonesia.

Bantuan berupa 20 ribu alat kesehatan sudah didistribusikan ke rumah sakit tersebut beberapa hari lalu.

"Kita sih total ada sekitar ada 35 RS ya. Sebagian besar di Jakarta, di Bandung ada yang udah mulai terima," ujar Maia Estianty seperti dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Bantu Tenaga Medis, Maia Estianty Ceritakan Sulitnya Dapatkan Masker N95

Ia mengatakan, bantuan kini tengah didistribusikan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Maia menggalang donasi melalui kitabisa.com. Hasil donasi dipergunakan membeli APD bagi tenaga medis melawan virus corona atau Covid-19.

"Sekarang lagi jalan nih yang ke Jawa. Sedang menuju ke Pekalongan, Semarang, Blitar, Malang lagi jalan ekspedisinya nih," ucapnya.

Baca juga: Galang Donasi, Maia Estianty dan Cathy Sharon Bagikan Ribuan APD untuk Tenaga Medis

Maia mengatakan, ia ikut menyeleksi rumah sakit yang mendapatkan bantuan.

Hal itu dilakukan demi mengantisipasi bantuan diperjualbelikan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Produser musik Maia Estianty saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020) dini hari. KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Produser musik Maia Estianty saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020) dini hari.
"Dan aku screening-nya benar-benar luar biasa. Kalau enggak kenal-kenal banget, kami enggak berani bantu, kenapa? Karena kami enggak mau barang-barang yang kami kirimkan itu dijual lagi. Karena oknum kurang ajar, kan, juga banyak nih jadi aku screening banget," tutur Maia.

Baca juga: Peduli Wabah Corona, Maia Estianty dkk Sumbang APD ke Rumah Sakit

Pihaknya juga benar-benar menyeleksi para dokter dan rumah sakit yang akan menerima bantuan.

"Jadi dokter-dokternya kami screening banget. Bener enggak kartu rumah sakitnya dan sebagainya jadi dicek benar-benar, bahkan ekspedisinya pun mereka yang datengin rumah sakit. Enggak semua ekspedisi mau ya ngedrop ke rumah sakit. Mereka yang drop ke rumah sakit dan foto supaya ada bukti ke publik," ujarnya.

Maia Estianty menuturkan sempat kesulitan mendapatkan alat-alat tersebut, seperti masker N95.

Sebab, lanjut dia, masker N95 tidak bisa sembarangan dibeli, hanya tenaga medis yang berizin yang bisa membeli alat tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hasil Galang Dana, Maia Estianty dan Cathy Sharon Salurkan Bantuan Alat Kesehatan ke 35 Rumah Sakit.
Penulis: bayu indra permana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com