Alasan Panji Petualang Rahasiakan Lokasi Pelepasan Garaga di Alam Liar

Kompas.com - 12/03/2020, 22:15 WIB
Panji Petualang saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPanji Petualang saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pekan lalu, Panji Petualang baru saja melepaskan king kobra miliknya yang bernama Garaga.

Namun, hingga kini, Panji merahasiakan lokasi pelepasan Garaga. Menurutnya, itu dilakukan semata demi melindungi Garaga dari orang tak bertanggung jawab.

"Kenapa gue rahasiakan kondisi pelepasannya karena, jujur, king kobra itu adalah target buruan utama bagi para pemburu ilegal," ucap Panji saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Panji Petualang Sebut Subscriber Berkurang Setelah Garaga Dilepas Liarkan

Hal itu, kata Panji, lantaran beberapa bagian dari king kobra dianggap memiliki nilai ekonomis.

"Karena darahnya itu mahal, dan empedunya suka dibikin obat dan kami khawatir kalau dikasih tahu di mana malah nantinya diburu, makanya kita sembunyikan," ucap Panji.

Tetapi, Panji mengaku, melepaskan Garaga di tempat yang cocok untuk habitat king kobra.

Bahkan, Panji memiliki sejumlah tolok ukur sebelum menentukan tempat yang cocok untuk Garaga. di antaranya, kondisi geografis, cadangan air dan makanan, serta jauh dari aktivitas manusia.

Baca juga: Panji Petualang Akhirnya Lepas Liarkan King Kobra Garaga Miliknya

"Di situ ternyata semuanya clear, jadi layak untuk zona pelepasan," ucap Panji.

Diketahui, Panji mulai mengenalkan Garaga ke khalayak sekitar pertengahan tahun 2019.

Saat itu, Panji Petualang mengaku, mendapatkan Garaga saat hewan tersebut tengah berkonflik dengan manusia di sebuah daerah perbatasan Majalengka - Sumedang.

Garaga adalah king kobra jantan sepanjang 5 meter dengan diperkirakan berusia 15 tahun.

Baca juga: Panji Petualang Melarang Anaknya Tangkap Ular Langsung di Alam


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X