Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dispatch Bongkar Fakta Lain dari Kasus Nam Joo Hyuk

Seperti diketahui, Nam Joo Hyuk telah dituduh melakukan kekerasan di sekolah oleh dua orang yang mengungkapkan kasus mereka kepada outlet media The Days News dan Sports Kyunghyang.

Dispatch mendalami tuduhan itu dan menyatakan bahwa ketika klaim masa lalu seorang selebriti dibuat, kredibilitas klaim tersebut perlu diverifikasi melalui wawancara dengan informan.

Namun, banyak dari klaim ini hanya pernyataan dengan sedikit bukti fisik.

Dalam kasus-kasus tertentu di mana Komite Kekerasan Sekolah diadakan, akan ada cukup bukti untuk mendukung klaim informan. Seperti adanya catatan rumah sakit untuk perawatan juga cukup valid dijadikan bukti.

Namun, jika satu-satunya bukti adalah gambar buku tahunan, klaimnya tidak sebagus itu. Dengan demikian, spesifikasi klaim harus diselidiki secara menyeluruh.

Terlebih Dispatch juga tak mendapat respons dalam usaha menghubungi informan melalui reporter Lee Seon Myeong, yang menulis artikel di Sports Kyunghyang untuk bisa mengonfirmasi kredibilitas klaim informan. 

Sudah menjadi standar bahwa setiap laporan tentang kekerasan di sekolah tidak boleh langsung dianggap palsu, tetapi pemeriksaan silang fakta diperlukan untuk menentukan validitas laporan tersebut.

Dispatch akhirnya memutuskan untuk memeriksa silang cerita yang dibagikan oleh The Days News dan Sports Kyunghyang dengan mewawancarai 20 orang yang terhubung dengan Nam Joo Hyuk selama sekolah menengah.

Dari hasil wawancara terhadap guru dan teman sekolah Nam Joo Hyuk itu, Dispatch mendapatkan hasil yang berbeda dengan yang sudah dilaporkan. 

"Saya mengatakan ini karena mereka benar-benar tidak tahu seperti apa sekolah itu. Mungkin ada sekelompok orang yang mengira kelompok tertentu di sekolah adalah pengganggu. Nam Joo Hyuk bukan bagian dari grup itu," kata Seo Seok Hoon, teman sekelas Nam Joo Hyuk di kelas 10.

"Nam Joo Hyuk bukanlah tipe orang yang akan melecehkan orang lain. Dia menyukai olahraga. Nam Joo Hyuk bahkan akan tertawa ketika teman-temannya menggoda dan bercanda dengannya. Dia memiliki kepribadian yang baik, itu benar.
Itu sebabnya teman-temannya menyukainya," kata Jo Boo Hyeong, alumni sekolah itu.

"Dia biasa mengatakan beberapa hal acak sejak dia menjadi model. Semua temannya tertawa. Dia pergi ke akademi model, menikmati bola basket, dan banyak tidur. Para guru sangat mempercayainya. Ada rasa keadilan itu… haha," kata Lee, teman kelas 10 Nam Joo Hyuk.

Bahkan salah satu guru Nam Joo Hyuk juga ikut angkat bicara membantah tentang adanya tindakan bully yang dilakukan bintang drama Start-Up itu.

"Nam Joo Hyuk adalah seorang siswa yang akan memberi tahu yang lain 'hey guys, ayo tenang.' Dia adalah tipe yang menengahi ketika ada perkelahian, mengatakan 'ayo jangan berkelahi lagi,'" kata Park Tae Gyu kata wali kelas 10.

"Aku tidak tahu kesalahpahaman macam apa itu. informan punya tapi Nam Joo Hyuk bukan orang seperti itu (mengacu pada pengganggu)," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, ada orang mengaku sebagai korban telah diganggu oleh Nam Joo Hyuk selama hari-hari sekolah mereka.

Korban disebut sebagai B ini memberikan wawancara ke beberapa outlet berita tentang pengalamannya mengalami kekerasan yang diduga dilakukan oleh Nam Joo Hyuk.

Pada 20 Juni 2022, agensi Nam Joo Hyuk, Management SOOP, dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/07/05/105325166/dispatch-bongkar-fakta-lain-dari-kasus-nam-joo-hyuk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke