Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terinspirasi IU, Fans K-Pop Ini Buka Cafe hingga Raih Omzet Miliaran Rupiah

Berawal dari kecintaannya terhadap K-Pop, Daniel kini berhasil menjadi pebisnis dengan omzet miliaran rupiah.

Daniel Hermansyah awalnya terinspirasi dari kecintaannya dengan K-Pop dan membangun sebuah kafe bertemakan K-Pop.

"Sekarang ini mungkin karena komunitasnya semakin besar, terus dari beragam usia. Jadi sudah banyak pemikiran yang lebih maju, enggak cuma ngefans doang," ujar Daniel Hermansyah dalam keterangan pers, Minggu (15/8/2021).

Selain bisnis, Daniel menilai banyak kegiatan sosial dan kebaikan bermunculan yang terinspirasi dari K-Pop.

"Banyak fans yang mulai berdonasi, kumpulin uang. Bikin event, kumpulin uang buat donasi. Itu kan indah banget," lanjutnya.

Hingga kini, kafe yang diberi nama Kopi Chuseyo tersebut sudah memiliki hampir 70 cabang di seluruh dunia, dan menjadi kafe K-Pop pertama yang didirikan di Indonesia.

"Itu aku punya kantor, di bawahnya kosong, jadi aku bikin kafe. Dan kenapa kafe, karena aku ngerti kopi. Background-ku memang brewing kopi. Kenapa K-Pop? Karena aku ngerti konsepnya. Jadi secara produk dan branding, sesuatu yang emang aku ngerti," ungkap Daniel.

Adapun, IU adalah penyanyi yang secara personal menginspirasi Daniel.

Pelantun "Good Day" itu dikenal sebagai salah satu penyanyi K-pop yang mengawali karier dari bawah.

IU pernah berkali-kali ditolak oleh sejumlah agensi K-Pop besar sebelum sekarang tumbuh menjadi solois sukses di Korea Selatan.

"Aku, kan, ikutin IU dari dia baru debut 2008/2009. Itu ketika dia baru debut, belum terkenal, dan aku juga masih sekolah. Jadi, IU menemani perjalanan hidup dari aku SMA, kuliah. Aku melihat kariernya berkembang," ujarnya.

"Terus gue mikir, 'Gue ke mana aja? Dia udah sukses, gue masih begini-begini aja'. Kok masih di sini aja. Buat gue Chuseyo belum di sini, masih di sini-sini aja. Jadi kayak kalau dia sukses, berarti kita juga harus termotivasi buat sukses," pungkas Daniel.

Sebagai informasi, ada banyak hal-hal positif yang dilakukan fans K-Pop dari beragam fandom di Indonesia.

Belum lama ini, para BTS ARMY di Indonesia yang tergabung dalam Senyum Army mendapatk sorotan setelah menggelar sebuah pameran yang disertai dengan proyek vaksinasi gratis dengan partisipan lebih dari 10 ribu orang.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/15/142852166/terinspirasi-iu-fans-k-pop-ini-buka-cafe-hingga-raih-omzet-miliaran-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke