Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Film tentang Catur yang Tak Kalah Seru dari Pertandingan Dewa Kipas

Bahkan pertandingan catur persahabatan antara WGM Irene Kharisma Sukandar dengan Dewa Kipas yang ditayangkan langsung di kanal YouTube Deddy Corbuzier menarik minat banyak penonton hingga sempat menduduki puncak trending YouTube Indonesia.

Apabila Anda masih penasaran dengan permainan papan strategi, rekomendasi film tentang catur berikut ini patut disimak.

1. Queen of Katwe (2016)

Film drama biografi ini menggambarkan kisah Phiona Mutesi, seorang gadis yang tinggal di Katwe, daerah kumuh Kampala, ibu kota Uganda.

Tinggal di daerah kumuh nyatanya tak menyurutkan tekad Phiona untuk belajar catur hingga akhirnya berhasil memenangkan Olimpiade Catur Dunia dan menjadi Kandidat Master Wanita.

Queen of Katwe disutradarai oleh Mira Nair dan menampilkan David Oyelowo, Lupita Nyong'o, serta Madina Nalwanga sebagai pemain utama.

2. The Dark Horse (2014)

Film The Dark Horse didasarkan pada kisah kehidupan nyata Genesis Potini, seorang pecatur Selandia Baru yang brilian, namun menderita gangguan bipolar parah.

Kisah film ini dimulai ketika Potini berjalan di tengah hujan, sebelum akhirnya memutuskan untuk mampir ke toko barang antik dan bermain catur sendiri.

Potini kemudian teringat ketika diajari catur oleh kakak laki-lakinya, namun terpaksa dibawa pergi oleh petugas polisi ke rumah sakit karena kondisi mentalnya.

3. Brooklyn Castle (2012)

Brooklyn Castle adalah sebuah film dokumenter tentang Intermediate School 318, sebuah sekolah di Brooklyn yang sebagian besar siswanya berasal dari keluarga miskin.

Namun, siapa sangka, sekolah ini memiliki tim catur terbaik dan paling unggul di New York.

Film ini mengikuti lima anggota tim catur sekolah selama satu tahun untuk mendokumentasikan tantangan dan kemenangan mereka, baik di dalam maupun di luar papan catur.

4. Bobby Fischer Against the World (2011)

Film dokumenter ini mengeksplorasi kehidupan tragis dan penuh drama dari mendiang master catur, Bobby Fischer.

Drama yang menyelimuti kehidupan Fischer memang tak ada habisnya.

Bobby Fischer Against the World mengintip masa kecilnya yang bermasalah, statusnya sebagai Juara Catur Dunia, dijuluki sebagai ikon Perang Dingin, hingga kehidupannya sebagai buronan dalam pelarian.

5. Pawn Sacrifice (2014)

Film drama biografi yang dibintangi aktor Tobey Maguire ini juga mengisahkan tentang Bobby Fischer.

Pawn Sacrifice mengikuti pertandingan Fischer melawan grandmaster catur Soviet selama Perang Dingin, hingga akhirnya memenangi Kejuaraan Catur Dunia 1972 melawan Boris Spassky di Reykjavík, Islandia.

Itulah lima rekomendasi film terbaik tentang catur yang sangat seru dan pantang dilewatkan.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/24/132646566/5-film-tentang-catur-yang-tak-kalah-seru-dari-pertandingan-dewa-kipas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke