Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rich Brian dan Bukti Kecintaannya Terhadap Indonesia

Apa buktinya, berikut rangkuman pengakuan Rich Brian atas pengakuan kecintaannya terhadap Indonesia.

Lewat musik

Tak perlu merepresentasikan identitas negaranya lewat ucapan, Rich Brian lebih suka menunjukkannya lewat karya.

"Caranya representasi negara, ethnicity atau apapun itu, enggak perlu dengan cara yang selalu jelas banget kayak 'I'm from Indonesia, I'm from Asia.' Menurutku dari dulu the best way to represent ya just be the best at your job," ujarnya.

Rich Brian hanya fokus memberikan karya terbaik karena pada akhirnya orang-orang akan menyadari dari mana ia berasal.

"Karena at the end of the day orang-orang akan tahu aku dari Indonesia dan orang-orang Indonesia tahu aku dari Indonesia," kata Rich Brian

Bersyukur lahir di Indonesia

Rich Brian yang sudah empat tahun terakhir menetap di Amerika Serikat mengaku sangat bersyukur karena lahir dan dibesarkan di Indonesia. Menurut dia, hal itu membuat wawasannya tentang keberagaman semakin terbuka sejak dini.

"Aku besar di Indonesia merasa bersyukur banget. Kalau aku lahir di Amerika aku enggak bakalan ada prespektif tentang dunia," ujar Rich Brian.

Nonton film AADC?

Sering berbicara dengan bahasa Inggris dan khawatir kemampuan bahasa Indonesia-nya menurun ketika diwawancara di Indonesia, Rich Brian memilih menonton film Ada Apa dengan Cinta.

"Aku sebelum interview ini takut enggak lancar bahasa Indonesia-ku jadi aku sempat nonton trailer-nya Ada Apa dengan Cinta? biar lebih lancar dikit," kata Rich Brian sambil tertawa di acara Bertemu Indonesia.

Pernah suatu kali orang terkejut mendengarnya bahasa Indonesia.

"Yang aku tahu orang kaget kalau aku omong bahasa Indonesia. Aku bingung karena memang aku orang Indonesia. Orang komen masih ingat bahasa Indonesia enggak? Ya masih lah," tegas Rich Brian.

Merasa lebih bagus jika ciptakan lagu di Indonesia

Pertama kali menciptakan lagu di kamarnya, membuat Rich Brian merasakan tak ada tekanan jika menciptakan lagu di Indonesia.

"Terus rasanya kalau enggak ada tekanan itu bikin musiknya jauh lebih santai. Pas lebih santai jadi lebih bagus menurutku," kata Rich Brian.

Mengaku rindu Indonesia

Tinggal di Amerika membuat pria dengan nama asli Brian Imanuel itu mengatakan paling kangen pada makanan khas Indonesia dan tentunya adalah keluarganya yang lama tidak dijumpai secara langsung.

"Di Indonesia paling kangen di rumah itu keluarga. Terus makanan Indonesia. Kalau di Amerika aku banyak teman tapi teman di Indonesia rasanya beda karena sudah kenal lama sebelum pindah ke Amerika," kata Rich Brian.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/21/093310066/rich-brian-dan-bukti-kecintaannya-terhadap-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke