Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kontroversi Anji karena Video Wawancara dengan Hadi Pranoto, Dilaporkan ke Polisi dan Berujung Minta Maaf

Setelah dilaporkan ke polisi karena video wawancaranya dengan Hadi Pranono dianggap meresahkan, Anji mengatakan telah berdiskusi dengan dokter Tirta.

Kemudian, melalui akun Instagram @duniamanji, Anji meminta maaf kepada publik karena sudah membuat kegaduhan beberapa hari terakhir.

Kompas.com merangkum rentetan kontroversi Anji terkait video obat antibodi Covid-19.

Unggahan akun YouTube dunia MANJI

Pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu menggugah sebuah video di akun YouTube dunia MANJI dengan judul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!".

Dalam tayangan itu, Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang mengklaim sudah berhasil menemukan antibodi Covid-19 yang bisa mencegah dan menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi virus corona.

Hadi Pranoto juga mengklaim antibodi Covid-19 berbahan herbal itu telah disalurkan di wilayah Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Dalam wawancara yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Hadi Pranoto juga memperkenalkan dirinya sebagai profesor sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Sontak, namanya kemudian menjadi yang paling dicari di dunia maya lantaran gelarnya diragukan dan pernyataannya mengenai obat herbal itu dipertanyakan uji klinisnya.

Kini, tayangan YouTube di akun dunia MANJI itu sudah tidak bisa diakses sejak Minggu (2/8/2020) malam.

"Video ini telah dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube," tulis keterangan saat membuka tautan video tersebut.

Jadi perbincangan dan dibantah

Akibat dengan video tersebut, banyak pihak yang membantah. Seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan, Hadi Pranoto bukanlah anggota IDI.

Ada juga Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Jakarta membantah menggunakan obat corona dari Hadi Pranoto.

Padahal, dalam tayangan tersebut Hadi menyebut obat antibodi Covid-19 buatannya itu telah disuplai ke berbagai tempat, termasuk RSD Wisma Atlet.

Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) juga memastikan, hingga saat ini belum pernah memberikan izin edar obat herbal yang mengklaim mampu mengobati penyakit Covid-19.

Tentang latar belakang pendidikan Hadi Pranoto, Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti melalui rilis yang diterima Kompas.com membantah jika Hadi Pranoto lulusan S3 IPB.

"Menurut penelusuran di internal institusi kami, sosok Hadi Pranoto yang dimaksud Kompas.com adalah orang yang berbeda dengan Hadi Pranoto yang merupakan alumnus IPB (saat ini dosen Universitas Mulawarman). Nama sama, tetapi beda orang," tulis Yatri dalam rilis, Senin (3/8/2020).

Sedangkan, saat dikonfirmasi mengenai latar belakang pendidikan S3 dari IPB atas nama Hadi Pranoto di data Dikti, Hadi Pranoto membenarkannya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) mengimbau para tokoh publik, termasuk Anji, menyampaikan informasi yang mencerahkan masyarakat terkait Covid-19.

Dilaporkan ke polisi

Merasa resah dengan konten YouTube dunia MANJI, Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid melaporkan Anji dan Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya pada 3 Agustus 2020.

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tertanda tanggal 3 Agustus 2020.

Dalam laporan tersebut, Pasal yang disangkakan yakni Pasal 28 Ayat (1) Jo Pasal 15A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atau Pasal 11 dan 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya segera memanggil Anji dan Hadi Pranoto untuk dimintai keterangan di pekan ini.

Minta Maaf

Setelah dilaporkan dan berdiskusi dengan dokter Tirta, Anji akhirnya meminta maaf kepada publik karena telah membuat kegaduhan.

Pertemuan dengan dokter Tirta itu diadakan di Gunung Puntang, Banjaran, Bandung, tempat Anji mengadakan kegiatan alam dalam beberapa hari ke depan.

Diskusi ini digelar setelah Anji menuai kontroversi perihal tayangan YouTube dunia MANJI yang membicarakan obat antibodi Covid-19.

"Maaf atas kegaduhan yang terjadi. Hasil pertemuan (dengan Dokter Tirta) akan segera saya post," tulis Anji dalam unggahan Instagram miliknya.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/06/071718866/kontroversi-anji-karena-video-wawancara-dengan-hadi-pranoto-dilaporkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke