Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Joko Anwar dan Aghi Narottama Ngobrol soal Music Director di Film

Hari ini, Selasa (7/4/2020), Joko Anwar menggelar live streaming dengan Aghi Narottama, music director yang selalu bekerja sama dengannya.

Aghi pernah menjadi music director untuk film-film karya Joko Anwar, seperti Janji Joni, Kala, Modus Anomali, Gundala, hingga yang terakhir Perempuan Tanah Jahanam.

Aghi Narottama mengatakan hal pertama yang harus dilakukan jika ada yang ingin menjadi music director adalah dengan mencintai filmnya sendiri.

Jika sudah menggemari film, kata Aghi, maka pekerjaan membuat scoring dan menggarap semua elemen musik di dalamnya akan menjadi lebih mudah.

"Jadi kita memahami bagaimana film itu bekerja, setelah itu kita tentunya mulai mengasah skill kita yang tadinya mungkin dialokasikan untuk permainan di atas panggung kita pindahkan ke cerita film," kata Aghi mulai membagikan ilmunya.

Joko Anwar setuju dengan perkataan Aghi Narottama.

Film baginya adalah sebuah karya kolektif sehingga semua yang terlibat harus bekerja sama dengan baik agar tercipta karya yang baik pula.

"Karena film itu kerja tim, semuanya bekerja untuk menciptakan satu film. Visinya harus sama, tidak boleh ada ego, termasuk ketika kita menjadi music director di dalam film," kata Joko Anwar.

Setelah membicarakan awal perjalanan Aghi Narottama hingga terjun ke industri film, Joko Anwar mulai menanyakan hal-hal spesifik tentang peralatan yang digunakan.

Joko Anwar meminta Aghi menguraikan peralatan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang music director.

"Tools sih diawali dari yang paling mudah dulu deh. Gue ini meng-encourage orang-orang supaya jangan dulu beli tools yang puluhan dan ratusan juta, karena belum tentu bisa kepake juga," ucapnya.

Aghi Narottama lalu menceritakan pengalamannya ketika menggarap film Di Timur Matahari karya sutradar Ari Sihasale.

Dalam menciptakan musik untuk film tersebut, Aghi mengungkapkan dia hanya menggunakan piano dan ukulele.

Walaupun sederhana, dua instumen itu bisa melengkapi kekurangan dan justru malah menyempurnakan filmnya secara keseluruhan.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/07/175358166/joko-anwar-dan-aghi-narottama-ngobrol-soal-music-director-di-film

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke