Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ruth Sahanaya Bersyukur Masih Eksis di Musik dan Berharap Punya Konser di 2020

Ruth juga bersyukur masih bisa menunjukkan eksistensinya di industri musik Indonesia.

Selain itu, Ruth masih berharap punya konser tunggal lagi pada 2020 mendatang.

Manggung di malam tahun baru

Ruth Sahanaya akan mengisi acara malam tahun baru di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (31/12/2019).

Ia sudah merampungkan latihan terakhirnya pada 29 Desember 2019 lalu.

"Oh sudah boleh dibilang 95 persen lah. Kami benar-benar sudah hafal, ya, sudah tahu. Karena yang penting kami tahu urutannya, masuknya dibagian lagu yang ini," ujar Ruth Sahanaya, Minggu (29/12/2019).

Nantinya, penyanyi berusia 53 tahun ini akan berkolaborasi dengan Dio, putra penyanyi lawas Freddy Hitipieuw.

"Bisa dibilang dari judul lagu ada sekitar 20-an lagu kali karena ada di-medley," tutur Ruth Sahanaya.

Tak mau sia-siakan rezeki

Alasan Ruth tetap mau manggung di malam pergantian tahun karena tidak mau menolak rezeki.

"Boleh dibilang rezeki, ya. Terus terang itu rezeki, berkat, masa kita tolak gitu, ya. Ada yang nawarin masa kita 'enggak mau'. Enggak mungkin banget, ya," kata Ruth Sahanaya dikutip dari Kompas.com (30/12/2019).

Ibu dua anak ini mengaku tetap akan membawa keluarganya ketika manggung nanti, sehingga masih bisa bermalam tahun baru bersama.

"Bawa keluarga, sama keluarga. Tetap bisa kok sama keluarga, kalau saya nyanyinya di Jakarta atau di Bandung yang dekat-dekat, masih bisa bertahun baru sama keluarga," tutur Ruth Sahanaya.

Honor berlipat ganda wajar

Ruth Sahanaya mengaku wajar bila para musisi yang menghibur di malam tahun baru akan mematok tarif yang lebih tinggi dari biasanya.

"Kalau dibilang memang iya (honor berlipat), karena terus terang di malam tahun baru kami tidak bisa enjoy sama keluarga, tapi kami kerja menghabiskan waktu untuk menghibur orang," kata Ruth Sahanaya.

Karena ada pengorbanan waktu tersebut maka Ruth Sahanaya menganggapnya hal yang lumrah.

"Jadi, saya rasa sah-sah saja kita sudah memberikan waktu kita, tenaga kita dan sampai boleh dibilang sampai larut malam. Itu penghargaan buat kita sebagai penyanyi," ucap Ruth Sahanaya.

Bersyukur masih diajak manggung

Pelantun "Keliru" ini merefleksikan kembali sepanjang tahun 2019 dengan bersyukur.

"2019 kalau saya coba refleksikan kembali bahwa saya selalu cuma bisa bersyukur dan berterima kasih sama Tuhan," kata Ruth Sahanaya.

"Itu saja sih karena tetap masih bisa menghibur banyak orang dan masih bisa menjaga suara yang Tuhan kasih buat saya," kata Ruth Sahayana melanjutkan.

Terlebih sudah hampir 35 tahun berkarya, suaranya masih diterima oleh pencinta musik Tanah Air.

"Masih banyak yang meminta saya menyanyi menghibur orang-orang. Senang banget (dapat) kepercayaan itu," ujar Ruth Sahanaya.

2020 berharap gelar konser kecil-kecilan

Sudah hampir 35 tahun berkecimpung di belantika musik Indonesia, Ruth Sahanaya pun mendambakan sebuah konser tunggal.

"(Tahun) 2020 saya punya keinginan, sudah kangen sama suasana konser, sudah lama sekali enggak konser. Minta dukungan dari teman-teman semua juga supaya saya bisa melaksanakan keinginan saya ini," kata Ruth Sahanaya.

Menurut dia, cukup biaya menjadi salah satu kesulitan yang masih menghadang impian itu terlaksana. Maka itu, ia berharap ada penyandang dana yang mau bekerja sama.

"Enggak mudah untuk mencari support atau penyandang dananya itu. Memang harus betul-betul sekali karena perlu biaya yang besar, kan, untuk itu. Jadi, saya rasa kendalanya di situ," ucap Ruth Sahanaya.

Ia mengaku sebuah konser kecil sudah cukup untuk menjadi dream concert miliknya.

"Saya sih enggak muluk-muluk sebenarnya. Saya ingin intinya untuk lebih intimate saja. Karena untuk konser-konser besar gitu, ya, saya bersyukur saya sudah hampir 35 tahun di industri ini, bersyukur masih diterima," tutur Ruth Sahanaya.

https://www.kompas.com/hype/read/2019/12/31/090822166/ruth-sahanaya-bersyukur-masih-eksis-di-musik-dan-berharap-punya-konser-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke