Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2024, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar orang menginginkan pakaian yang rapi dan tidak lecek. Sayangnya, pakaian sering kali mengalami lecek meski telah menyetrikanya dengan baik. 

Selama beberapa dekade, berjam-jam waktu dihabiskan untuk menyetrika pakaian setiap minggunya untuk membuat pakaian bebas lecek. 

Baca juga: Setrika Vs Steamer, Mana yang Terbaik untuk Menyetrika Pakaian?

Namun, adanya kain-kain yang lebih baru dan peralatan mencuci yang modern, menyetrika pakaian sudah tidak lagi menjadi rutinitas. 

Akan tetapi, Anda mungkin bisa mengakui bahwa ada kalanya keluar rumah dengan lebih banyak lecek pada pakaian daripada yang diinginkan.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (1/2/2024), berikut cara mengurangi lecek pada pakaian

Sortir muatan cucian dengan benar

Ilustrasi mencuci pakaian.Shutterstock/Evgeny Atamanenko Ilustrasi mencuci pakaian.
Salah satu hal pertama yang Anda pelajari (atau harus pelajari) dalam mencuci adalah memisahkan pakaian berdasarkan warna, yakni putih dengan putih dan gelap dengan gelap.

Untuk hasil terbaik dalam mencegah lecek, pakaian harus dipisahkan tidak hanya berdasarkan warna, tetapi juga bahan dan berat kain.

Misalnya, mencuci kaus berbahan katun ringan berwarna gelap dengan jeans denim tebal dapat menyebabkan pakaian yang lebih ringan tergencet di mesin cuci karena berat jeans sehingga menyebabkan lebih banyak lecek. 

Dengan menyortir cucian sebelum mencuci pakaian, dapat mengurangi lecek di mesin pengering. Bahan ringan lebih cepat kering dibanding kain berat, seperti denim.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan kain di dalam pengering, semakin besar kemungkinan kain menjadi terlalu panas dan lecek menjadi semakin dalam. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Lecek pada Pakaian tanpa Setrika

Memuat mesin pengering dengan benar

Selanjutnya, cara mengurangi lecek pada pakaian adalah memuat mesin pengering dengan benar. Sebelum memasukkan cucian ke mesin pengering, kocok setiap pakaian untuk mulai melonggarkan lilitan dan lecek yang terjadi pada mesin cuci.

Jangan membebani mesin pengering secara berlebihan. Jika Anda melakukannya, pakaian tersebut tidak akan terjatuh, melainkan hanya berputar dalam gumpalan besar.

Pakaian akan lebih cepat kering dan lebih sedikit lecek jika mesin pengering tidak penuh dengan cucian. 

Baca juga: Selain Pakaian, Ini 7 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Detergen

Pilih siklus pengering terbaik

Mesin cuci sering digunakan ular bersembunyi di dalam rumah.Shutterstock/New Africa Mesin cuci sering digunakan ular bersembunyi di dalam rumah.
Kebanyakan mesin pengering bertenaga gas atau listrik bekerja dengan cara sama. Untuk memanaskan udara, drum pengering menjatuhkan pakaian melalui udara hangat dan sistem pembuangan mengeluarkan kelembapan yang diambil dari kain.

Namun, terdapat perbedaan dalam siklus pemanasan dan pendinginan yang dapat menentukan apakah pakaian memiliki lecek yang dalam atau bebas kerutan.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com