Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Cocok untuk Desain Rumah Minimalis, Fergio Sediakan Lantai Kayu Berkualitas dengan Corak Beragam

Kompas.com - 19/03/2023, 16:17 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Desain rumah minimalis dengan lapisan bernuansa kayu kini menjadi salah satu tren populer di kalangan masyarakat. Selain memberikan kesan lega, lapisan kayu juga dapat menghadirkan nuansa sejuk dan mewah pada ruangan.

Material berbahan kayu biasanya digunakan untuk melapisi dinding dan lantai. Dibandingkan bahan lain, pelapis lantai berbahan kayu cenderung mudah dipasang dan dibersihkan.

Selain itu, lapisan berbahan kayu juga memiliki tekstur atau corak yang beragam sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan desain ruangan minimalis.

Salah satu pelapis lantai berbahan kayu yang bisa dipilih konsumen untuk memperindah ruangan adalah Fergio.

Lantai kayu Fergio memiliki empat tipe pelapis yang terbuat dari material berbeda sehingga dapat menghasilkan corak yang unik dan beragam. Berikut ulasannya.

1. Lantai kayu vinil

Lantai kayu vinil Fergio terbuat dari bahan polivinil klorida (PVC) yang lembut dan tidak mudah patah. Lantai kayu jenis ini juga dapat ditekuk sehingga mudah dipasang pada sudut ruangan.

PVC juga dikenal sebagai bahan PVC yang tidak mudah pudar, tahan air, dan mudah dibersihkan. Pemasangannya pun tak sulit. Pengguna hanya perlu menempelkan lantai kayu ini ke permukaan lantai menggunakan lem.

2. Lantai kayu parket

Lantai kayu parket terbuat dari bahan high density fiberboard (HDF) berkualitas tinggi yang diperkuat dengan berbagai lapisan pelindung.

Dalam pembuatannya, lantai kayu ini juga dilaminasi dengan bahan HDF sehingga lapisan bagian atas tidak mudah pudar atau baret akibat goresan benda. Lantai kayu ini juga tahan panas dan tidak mudah terbakar.

Baca juga: 5 Pilihan Pelapis Lantai dengan Harga Terjangkau, Apa Saja?

Di samping kekuatannya, lantai kayu jenis tersebut juga terkenal dengan tekstur natural dan kesan mewah.

Pemasangan lantai kayu parket juga relatif lebih mudah karena hanya menggunakan sistem klik. Pemilik rumah hanya perlu menyusun lapisan kayu seperti puzzle. Secara otomatis, lantai kayu akan tersambung satu sama lain.

3. Lantai SPC

Lantai kayu berbahan stone polymer composite (SPC) dapat menjadi pilihan untuk melapisi lantai dalam ruangan (indoor). Lantai kayu ini terbuat dari campuran PVC serta serbuk kayu dan batu. Meski dibuat dari serbuk kayu, tekstur yang dihasilkan lantai ini tetap menyerupai kayu asli.

Karena berbahan dasar serbuk kayu serta batu, lantai SPC juga aman dari serangan rayap dan tahan air. Lantai kayu ini juga dilengkapi UV Coating Cover sehingga warnanya tidak mudah pudar, meski sering terpapar sinar matahari.

Baca juga: 5 Pilihan Pelapis Lantai Dapur, Apa Saja?

Serupa lantai kayu parket, lantai SPC juga dapat disusun seperti puzzle tanpa menggunakan lem. Dari sisi keamanan, lantai jenis ini tidak mengandung zat berbahaya, seperti benzena atau logam berat.

4. Lantai kayu WPC

Lantai kayu berbahan wood plastic composite (WPC) cocok digunakan untuk melapisi lantai di luar ruangan (outdoor). Lantai jenis ini terbuat dari bahan dasar campuran kayu HDF dan PVC sehingga lebih tahan air serta minim risiko ditumbuhi jamur, hama, dan rayap.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com