Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kelinci Pertama Kali Tiba di Rumah

Kompas.com - 30/08/2022, 18:48 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi para pemula yang baru memelihara kelinci, mungkin akan langsung memainkan sahabat bulu setibanya di rumah usai membeli atau mengadopsinya.

Ada pula yang langsung memasukkannya ke kandang dan memberinya makanan untuk membiasakan sahabat bulu dengan lingkungan hidup yang baru. 

Baca juga: Alasan Kelinci Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika kelinci pertama kali tiba di rumah untuk memastikannya mendapatkan pengalaman positif.

Teman Kelinci—organisasi edukasi non-profit yang mengedukasi seputar kelinci peliharaan— membagikan sejumlah hal yang perlu dilakukan saat kelinci pertama kali tiba di rumah, Selasa (30/8/2022).

Kandang di area bersirkulasi baik

Ilustrasi kelinci.SHUTTERSTOCK / SOK Studio Ilustrasi kelinci.

Ukuran minimal kandang kelinci adalah panjang 60 sentimeter (cm) x lebar 37 cm x tinggi 40 cm atau empat kali panjang tubuh kelinci.

Saat menaruh kandang kelinci, pastikan posisinya berada di area dengan sirkulasi udara baik dan jauh dari hewan pemangsa apa pun. Hindari menaruh kelinci di area dengan sinar matahari langsung.

Baca juga: Penyebab Kelinci Peliharaan Mengalami Kerontokan Bulu

Diamkan di dalam kandang

Setibanya di rumah, segera tempatkan kelinci di dalam kandang yang sudah dilengkapi air minum dan makanan.

Biarkan kelinci beradaptasi dengan tempat tinggal dan lingkungan hidup terbaru. Selama periode ini, jangan banyak menyentuh atau mengajak kelinci bermain.

Salah satu anggota Teman Kelinci, Irma, mengatakan kamu hanya perlu membiarkan kelinci beradaptasi sendiri sekitar seminggu atau dua minggu.

Baca juga: Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Selama proses pengenalan ini, jangan mencoba mengangkat kelinci karena bisa membuatnya stres. Ketika menyiapkan makanan, dekatkan diri Anda ke kelinci alih-alih menyuruhnya menghampiri. 

Saat memberi makan, sebaiknya Anda duduk di bawah atau berbaring sehingga kelinci mudah melihat bentuk pemiliknya seperti apa.

Ilustrasi kelinci.SHUTTERSTOCK / Valeriy Surujiu Ilustrasi kelinci.

“Kalau mau bonding dengan kelinci memang sudah bisa sejak mereka baru datang, tapi diamkan dulu seminggu atau dua minggu sebelum digendong. Kalau digendong, harus pelan-pelan,” tuturnya kepada Kompas.com di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Ketahui, Ini Gejala Kelinci Kejang dan Penyebabnya

Pantau aktivitasnya

Meski mendiamkan kelinci di dalam kandang,  bukan berarti tidak memperhatikan aktivitasnya. Kamu tetap harus memantau kegiatan kelinci. 

Periksa dan pastikan kelinci mau makan dan minum sendiri serta mengeluarkan tinja dan urine dengan normal.

Baca juga: Amankah Hanya Memberi Wortel untuk Makanan Kelinci Peliharaan? 

Ajak bermain

Apabila kelinci peliharaan sudah terlihat nyaman di dalam kandang, kamu bisa mulai mengajaknya bermain. Ajak kelinci keluar dan beri waktu untuk bermain dan berolahraga.

Hindari membiarkan sahabat bulu berada terus di dalam kandang. Biarkan kelinci bermain di luar kandang setidaknya satu jam setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com