Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2022, 10:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah serangga sosial, dan Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka berkerabat dengan lebah dan tawon. Semut hidup di sarang bersama ratusan, terkadang ribuan, semut lain.

Sebagian besar adalah betina mandul tanpa sayap, yang dikenal sebagai pekerja, serta betina subur, yang dikenal sebagai ratu semut, dan jantan.

Ada banyak spesies semut yang terdapat di alam, termasuk semut hitam yang sudah dikenal terdapat di rumah dan kebun.

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Dapat Ditanam di Rumah

Ilustrasi lada hitam. SHUTTERSTOCK/YAN ELOY Ilustrasi lada hitam.

Dilansir dari Express Daily UK, Selasa (7/6/2022), hama tanaman seperti semut dapat menyebabkan kekacauan baik di dalam maupun di luar ruangan karena dapat dengan cepat menyerang ruang mana pun.

Pakar tanaman menyatakan, hama ini dapat dihentikan dengan menggunakan lada hitam sebagai "pestisida organik yang efektif."

Jaylea, pemilik Flourishing Plants menjelaskan bahwa lada hitam adalah solusi untuk mengusir semut yang sangat efektif untuk memastikan tanaman tetap sehat.

"Lada hitam bertindak sebagai agen antibakteri alami untuk tanaman. Secara biologis, rempah-rempah esensial dan metabolit sekundernya digunakan sebagai insektisida dan agen bakteri," ungkap Jaylea. 

Baca juga: Cara Mengatasi Semut di Area Dapur dengan Kulit Jeruk

Air lada hitam dapat digunakan sebagai semprotan untuk mengobati infestasi jamur karena sifat aromatiknya yang kuat. Lada yang dicampur di tanah kebun, akan mencegah serangga, larva, atau semut.

“Ada banyak cara organik untuk menumbuhkan tanaman sehat dan lada hitam telah terbukti sangat efektif untuk melakukannya," tambah Jaylea.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com