Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 17:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMeja dapur tidak hanya digunakan untuk menaruh peralatan masak yang tengah digunakan dan menyimpan beragam bumbu dapur.

Meja dapur juga kerap digunakan untuk menaruh barang-barang lain seperti makanan yang baru matang atau menumpuk piring kotor karena area wastafel sedang penuh.

Baca juga: 7 Cara Alami Mengusir dan Mencegah Semut Bersarang di Rumah

Walhasil, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika meja dapur dapat mengundang semut dan mengerubungi area tersebut.

Dikutip dari Kitchen Infinity, Selasa (29/3/2022), menggunakan campuran minyak zaitun atau minyak esensial dan bubuk kopi dapat mengusir semut.

Baca juga: Cara Mengusir Semut secara Alami Pakai Kulit Jeruk

Cara mengusir semut dari meja dapur

Biji dan bubuk kopi bisa digunakan menyerap aroma cat tembok yang sangat kuat.UNSPLASH/KATY TOMEI Biji dan bubuk kopi bisa digunakan menyerap aroma cat tembok yang sangat kuat.

Minyak zaitun dan bubuk kopi sama-sama memiliki aroma yang kuat sehingga dibenci semut. Jadi, taburkan campuran ini di semua permukaan meja dapur menggunakan spons atau kain lap.

Bisa pakai minyak esensial

Alternatifnya, kamu dapat menggunakan minyak esensial beraroma lemon eukaliptus atau pepermin. Minyak ini adalah insektisida alami yang bekerja baik sebagai semprotan pengusir semut dan bisa membunuh hama yang bersentuhan dengannya.

Jadi, minyak esensial lemon eukaliptus tidak hanya efektif untuk semut, tapi juga serangga seperti laba-laba yang bersarang di meja dapur.

Cara menggunakannya cukup mudah. Tuangkan 10 tetes minyak esensial ke dalam air diffuser, lalu nyalakan selama satu jam. Semut tidak akan terlihat lagi di meja dapur.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Mencegah semut kembali ke meja dapur

Meski sudah mengusir satu koloni semut, serangga ini tetap dapat kembali lagi ke meja dapur. Hal ini bisa dicegah menggunakan daun mint yang ditaruh pada beberapa titik tertentu.

Kamu juga bisa menaburkan daun mint kering di sekitar rumah untuk menghalau semut masuk, termasuk ke meja dapur.

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur

Selanjutnya, jangan lupa selalu membersihkan meja dapur agar tidak ada remah makanan yang tersisa atau sampah yang berserakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com