Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2022, 07:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam varietas tanaman begonia yang tersedia, salah satunya adalah Begonia Rex yang juga dikenal dengan Begonia rex-cultorum.

Varietas tanaman ini menjadi salah satu yang paling diminati karena daunnya memiliki lebih dari satu warna (variegation).

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Begonia Mengering dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari The Spruce, Rabu (13/4/2022), daunnya terdiri dari warna-warna cerah seperti hijau, merah, perak, bahkan ungu.

Tanaman Begonia Rex adalah tanaman perennial semi-tropis yang kerap ditanam sebagai tanaman pot luar ruangan atau tanaman hias. Mereka secara eksklusif ditanam untuk dedaunannya.

Walhasil, para pemiliknya akan berupaya untuk mempertahankan tampilan daunnya tetap menakjubkan melalui perawatan rutin.

Baca juga: 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Begonia Mengering

Ilustrasi tanaman Begonia Rex.SHUTTERSTOCK / Skyprayer2005 Ilustrasi tanaman Begonia Rex.

Cara merawat Begonia Rex

Begonia Rex adalah tanaman dedaunan yang bisa ditanam di pot yang relatif dangkal. Gunakan campuran pot berpori, beri makan tanaman secara teratur, dan jaga agar mereka tetap lembap tanpa melakukan penyiraman yang berlebih.

Idealnya, mereka pelu ditaruh di area dengan suhu sekitar 21 derajat celsius pada siang hari dan suhu sekitar 15 derajat celsius pada malam hari. Jaga tingkat kelembapan konstan sekitar 50 persen.

Beri mereka banyak sinar matahari yang tidak langsung, dan putar pot tanaman sesering mungkin agar seluruh sisinya menerima cahaya yang sama.

Cahaya

Terkait cahaya, Begonia Rex menyukai cahaya tidak langsung yang terang sepanjang tahun. Mereka bukanlah tanaman yang tumbuh dengan agresif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com