Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 08/04/2022, 11:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semenjak dunia mengalami pandemi Covid-19, semua orang dianjurkan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah. Pada akhirnya, berbagai kegiatan menjadi hobi baru banyak orang, salah satunya merawat tanaman di rumah. 

Sisi baiknya, dilansir dari Krishijagran News, Jumat (8/4/2022), menghabiskan waktu di lingkungan hijau dapat merangsang perasaan positif dan bahagia. Berkebun memunculkan emosi yang bahagia karena Anda dikelilingi oleh tanaman hijau.

Bukan hanya itu, ketika berkebun, Anda membawa dan memelihara kehidupan baru ke dunia. Jadi meskipun kegiatan berkebun bisa sedikit melelahkan, buah dari kerja keras ini manis.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya agar Tumbuh Subur

Ilustrasi merawat tanaman freepik.com/jcomp Ilustrasi merawat tanaman

Hadiah itu datang dalam bentuk sekantong emosi menyenangkan yang sehat yang pada akhirnya membantu kesehatan mental seseorang.

Berikut beberapa manfaat merawat tanaman untuk kesehatan mental

1. Dapat mengurangi stres 

Sebuah penelitian di Swedia melaporkan bahwa orang yang berkebun secara teratur lebih sedikit mengalami stres. Sementara itu, di Philadelphia, AS, sebanyak 144 petani ditanya mengapa mereka berkebun dan jawaban paling populer kedua adalah membantu kesehatan mental.

Berkebun sebagai istirahat dari rutinitas Anda sangat bermanfaat bagi kesehatan mental karena membantu Anda benar-benar melepaskan diri dari rutinitas normal.

Baca juga: Cara Merawat Chinese Money Plant, Tanaman Pembawa Keberuntungan

2. Penyemangat

Berkebun secara produktif dapat membuat Anda merasa lebih damai dan puas.

Menanam dan merawat tanaman adalah tugas besar dan ketika Anda sukses melakukannya, itu pasti akan membuat Anda merasa berhasil. Ketika Anda melihat hasil kerja Anda, Anda akan merasakan kepuasan tertinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com