Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Furnitur Rumah Ala Feng Shui untuk Keharmonisan Keluarga

Kompas.com - 10/04/2022, 19:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Feng shui juga dikenal sebagai seni dekorasi rumah yang memperhatikan tata letak furnitur demi menciptakan energi positif untuk penghuninya.

Menurut feng shui, bila furnitur rumah ditata dalam posisi ideal, energi chi di dalam rumah akan meningkat. Sehingga hubungan sesama anggota keluarga bisa lebih harmonis.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (10/4/2022) ada lima furnitur penting di rumah yang perlu ditata dengan ilmu feng shui, misalnya saja seperti ranjang dan meja.

Berikut ini tips yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan energi positif di dalam rumah menurut feng shui.

Baca juga: 5 Tips Menata Ruang Makan Menurut Feng Shui untuk Keharmonisan

Mengatur ranjang di kamar

Ranjang merupakan furnitur yang penting dalam feng shui. Hal ini karena ranjang melambangkan kesejahteraan kehidupan secara menyeluruh.

Apalagi ranjang menjadi tempat di mana kamu menghabiskan keseluruhan waktu. Sehingga sangat berpengaruh pada energi tubuh.

Menata ranjang dalam kamar yang terbaik menurut feng shui adalah posisi memerintah. Di mana ranjang menjadi furnitur yang paling penting dan berkuasa dalam ruangan.

Untuk mendapatkan posisi ini, kamu perlu menempatkan ranjang secara diagonal dengan pintu. Posisi ini akan membuatmu bisa melihat pintu ketika berbaring.

Namun, bila tak bisa menggunakan posisi ini di kamar yang sempit. Kamu bisa mengakalinya dengan menaruh cermin di sisi berseberangan dengan pintu. Sehingga kamu bisa melihat pantulan pintu dari cermin saat berbaring di ranjang.

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Tempat Tidur untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur

Pengaturan sofa

Ilustrasi sofa.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi sofa.

Sofa biasanya diletakkan di dalam ruang keluarga dan ruang tamu. Kedua area tersebut melambangkan keharmonisan karena menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga.

Dalam feng shui, kamu bisa mengatur sofa dengan posisi yang menyerupai huruf L. Posisi ini akan membuat pertemuan keluarga menjadi lebih nyaman.

Kamu juga bisa menambahkan satu atau dua kursi di ruang tamu agar menciptakan percakapan yang intens. Agar percakapan yang hangat hadir di antara keluarga, sebaiknya kamu tak menaruh televisi di area ruang tamu.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Pembawa Rezeki dan Keberuntungan Menurut Feng Shui

Mengatur meja menurut feng shui

Meja melambangkan kesuksesan dan keberhasilan dalam karier menurut feng shui. Agar karier lancar, kamu tentu perlu menata meja di tempat idealnya. Terutama untuk meja kerjamu.

Menurut feng shui, posisi terbaik dalam menempatkan meja sama seperti posisi ranjang di kamar yakni mendominasi. Kamu bisa menempatkan meja agar terlihat dari pintu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com