Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Kucing Menggaruk Berbagai Benda di Rumah

Kompas.com - 20/02/2022, 11:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggaruk adalah perilaku naluriah yang dimiliki kucing. Hal ini penting untuk kebutuhan fisik dan mental kucing. 

Meski demikian, menggaruk tempat yang dirasa tidak pantas seperti sofa, karpet, furnitur, dan tiang tangga dapat menjadikannya perilaku yang merusak. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Kucing Lahap Makan

Hal ini tentu dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur dan barang-barang rumah tangga lainnya. Ini pula yang menjadi keluhan umum di antara pemilik kucing. Untungnya, perilaku kucing menggaruk ini dapat dengan mudah dicegah dan dikelola.

Namun, sebelum mencegah perilaku ini, ada beberapa alasan yang membuat kucing menggaruk berbagai benda. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (20/2/2022), berikut beragam alasan yang membuat kucing menggaruk berbagai benda-benda di rumah.  

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Merespons Saat Namanya Dipanggil? 

Mempertahankan gerakan cakar untuk berburu dan memanjat

Ilustrasi kucing menggaruk sofa. SHUTTERSTOCK/NOREEFLY Ilustrasi kucing menggaruk sofa.
Kucing adalah pemburu alami. Kucing menggunakan cakarnya untuk menangkap dan menahan mangsa.

Perilaku kucing menggaruk dilakukan untuk melatih otot-otot kaki depan dan tulang belakang agar tetap dalam kondisi yang baik untuk berburu.

Serangan dan pertahanan

Kucing menggunakan cakarnya untuk membela diri selama konflik dengan kucing lain atau hewan lain. Periaku kucing menggaruk ini sebagai bentuk latihan untuk menjaga penyerangan dan pertahanan. 

Baca juga: Anak Kucing Mati karena Panleukopenia, Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Mengadopsi Lagi?

Penyaluran emosi

Kucing menggaruk untuk menghilangkan stres. Menggaruk bisa membuat kucing menjadi bersemangat atau terangsang.

Selain itu, menggaruk memungkinkan kucing melepaskan rasa frustrasinya. Misalnya, saat Anda pulang kerja, kucing akan mulai menggaruk karena sebagai bentuk ekspresi dari kegembiraan. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Suka Mengeong Berlebihan

Memperkuat dan meregangkan otot-otot

Ilustrasi kucing menggaruk sofa UNSPLASH/Daniel Zopf Ilustrasi kucing menggaruk sofa
Menggaruk adalah bentuk latihan yang baik untuk membantu menjaga kebugaran kucing peliharaan. Kucing menggaruk bisa meregangkan tubuhnya serta memperpanjang dan menarik kembali kuku mereka.

Sama dengan kebanyakan dari kita, kucing suka meregangkan tubuh saat pertama kali bangun tidur. 

Baca juga: Penyebab Anak Kucing Diare dan Cara Mengatasinya 

Menandai perilaku dan komunikasi

Kucing menggaruk untuk berkomunikasi dengan kucing lain. Ketika kucing menggaruk, mereka meninggalkan aroma dan tanda yang terlihat.

Bantalan kaki kucing memiliki kelenjar aroma yang meninggalkan bau ketika mereka menggaruk sehingga kucing lain tahu bahwa mereka telah berada di area tersebut.

Saat kucing menggaruk benda, mereka juga meninggalkan goresan kecil yang merupakan sinyal visual bagi kucing lain di area tersebut. 

Baca juga: Bisakah Kucing Mengerti Bahasa Manusia? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

Perawatan kuku kucing

Ilustrasi kucing menggaruk mainannya. Mainan cat scratcher bisa mengalihkan kucing dari hobi menggaruk sofa.Unsplash/Petrebels Ilustrasi kucing menggaruk mainannya. Mainan cat scratcher bisa mengalihkan kucing dari hobi menggaruk sofa.
Alasan lain yang membuat kucing menggaruk adalah sebagai bentuk perawatan pada kukunya. Saat menggaruk suatu benda, kucing menghilangkan selubung luar kuku yang mati dan memperlihatkan pertumbuhan baru yang sehat di bawahnya.

Hal ini juga membuat Anda tak jarang menemukan selubung kuku berbentuk bulan sabit di sekitar tempat garukan favorit kucing.

Kesenangan

Terakhir, alasan kucing senang menggaruk berbagai benda di rumah adalah rasa kesenangan. Kucing senang bermain sambil meregangkan tubuh serta menggaruk beragam benda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com