Kompas.com - 19/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang terlihat manja dan sangat suka dibelai di seluruh tubuhnya.

Akan tetapi jangan salah, sebenarnya ada beberapa bagian tubuh kucing yang bisa dibelai dengan aman dan dianjurkan tidak membelai di area tersebut.

Melansir dari National Geographic, Rabu (19/1/2022), saat membelai kucing, sebaiknya menghindari area bagian perutnya. Mengapa seperti itu? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Aktif pada Malam Hari

Ilustrasi membelai kucing. PEXELS/NIDA Ilustrasi membelai kucing.

Perut kucing adalah area sensitif

Pernahkah Anda mencoba membelai atau menyentuh perut kucing dan mereka marah?

"Hal ini sebabkan di area perut kucing memiliki folikel rambut di daerah perut dan ekor sangat sensitif terhadap sentuhan, jadi membelai di daerah ini bisa menjadi rangsangan yang berlebihan," jelas Lena Provoost, ahli perilaku hewan di Fakultas Kedokteran Hewan University of Pennsylvania, AS.

“Kucing lebih suka dibelai dan digaruk di kepala, khususnya di bawah dagu dan pipi mereka,” di mana mereka memiliki kelenjar bau," imbuh Provoost. 

Kucing lebih suka dibelai di kepala, dagu, dan pipi karena di sinilah kelenjar aroma mereka ditempatkan.

Baca juga: Ternyata Kucing Bisa Cemburu, Ini Penyebab, Tanda, dan Mengatasinya

Kucing mengasosiasikan manusia dan sesamanya dengan aroma mereka dan itulah sebabnya mereka menggosok kepala dan pipi mereka ke orang yang mereka kenal, cara untuk mengenali orang dan kucing yang mereka kenal.

Jadi, lain kali Anda pergi untuk menelusuri bulu perut kucing dengan jari, ketahuilah bahwa Anda salah jika mereka menganggap Anda sebagai orang asing.

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.