Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menghaluskan Daging dengan Blender? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 12/12/2021, 18:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin menghaluskan beragam bahan makanan, banyak orang memanfaatkan blender.

Blender menjadi peralatan elektronik yang berfungsi menghaluskan buah-buahan, sayuran, bumbu, dan bahan makanan lainnya. Namun, bagaimana dengan daging, apakah bisa dihaluskan dengan blender? 

Baca juga: 5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dihaluskan dengan Blender

Melansir dari Live Strong, Minggu (12/12/2021), daging dapat dihaluskan menggunakan blender, baik sebelum maupun sesudah memasaknya. Semakin kuat blender bekerja, semakin baik hasil akhirnya. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menghaluskan daging dengan blender. 

Baca juga: Blender Berisik Saat Digunakan? Ini 3 Cara Mengatasinya 

Menyiapkan daging untuk dihaluskan 

Makanan mentah juga termasuk makanan yang harus dihindari saat hamil muda karena dapat menyebabkan infeksi dan keracunan makanan.PIXABAY/MIRIANGIL Makanan mentah juga termasuk makanan yang harus dihindari saat hamil muda karena dapat menyebabkan infeksi dan keracunan makanan.
Sebelum menghaluskan daging mentah dengan blender, pastikan daging dalam keadaan dingin sehingga tidak mendorong pertumbuhan bakteri dalam daging.

Layanan Keamanan dan Inspeksi Makanan USDA mengatakan bakteri apa pun dalam daging akan tetap ada setelah diproses dengan blender, pengolah makanan, atau penggiling.

Gunakan pisau tajam untuk menghilangkan lemak, tulang, kulit, dan jaringan ikat dari daging. Untuk memudahkan menghaluskan daging dalam blender, potong semua daging dengan ukuran yang sama sekitar 2,5 sentimeter atau lebih agar tidak terlalu besar sehingga mudah hancur. 

Baca juga: Blender Kaca Vs Blender Plastik, Mana yang Lebih Bagus?

Untuk memastikan daging tetap di bawah empat derajat Celsius, selama proses penggilingan, simpan daging dalam mangkuk es atau mangkuk logam yang telah dibekukan selama beberapa jam sebelum mulai menghaluskan daging. 

Bisa pula meletakkan potongan daging di atas loyang yang dilapisi dengan kertas lilin di dalam freezer selama beberapa jam untuk membuat daging enak dan dingin sebelum mulai menghaluskan. 

Baca juga: Bisa Rusak, Jangan Masukkan 7 Bahan Ini ke Blender 

Hindari membebani blender

Motor bertenaga rendah mungkin mengalami kesulitan menggiling daging sehingga membutuhkan lebih banyak waktu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kerjakan dalam kelompok untuk memastikan tidak membebani blender. Tempatkan sedikit potongan daging ke dalam blender, lalu tutup, dan gunakan pengaturan "potong".

Kemudian, jalankan blender selama 20-30 detik, buka tutup blender, dan periksa konsistensi dagingnya. Selanjutnya, menjalankan siklus potong blender sampai mencapai hasil yang diinginkan.

Jika menginginkan tekstur yang halus untuk makanan bubur atau makanan bayi, Anda harus menghaluskan daging dalam blender lebih lama. 

Baca juga: Blender atau Food Processor yang Paling Baik? 

Menggunakan food processor

Ilustrasi food processor.SHUTTERSTOCK/GUPINA Ilustrasi food processor.
Jika tidak ingin menggunakan blender, bisa menghaluskan daging dengan food processor. Alat ini bekerja dengan cara yang sama seperti blender.

Anda akan menggunakan bilah pengolah makanan standar yang dikenal sebagai bilah berbentuk S atau bilah Sabatier.

Saat digunakan pada pengaturan "pulse", bilah ini akan bercampur dan memotong. Saat  menjalankannya terus-menerus, bilahnya menyatu serta menghaluskan daging dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com