Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2021, 21:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau kotak pasir kucing adalah masalah yang harus dihadapi pemilik kucing. Untungnya masalah ini dapat diatasi dengan teknik pembersihan dan penghilang bau yang tepat.

Untuk menghilangkan bau kotoran kucing dari kotak pasirnya, Anda harus membersihkan udara, lantai, dan semua ruangan.  

Baca juga: Cara Meminimalkan Bau Tak Sedap dari Kotak Pasir Kucing

Melansir dari Cuteness, Rabu (24/11/2021), bau urine, baik dari kucing, anjing, maupun manusia, berasal dari dua komponen dasar urine, yakni urokrom dan asam urat.

Urokrom adalah zat lengket yang memberi warna pada urine. Asam urat mengandung garam, kristal, serta bau amonia.

Sebagian besar produk pembersih rumah tangga menyebabkannya mengeras sehingga membuat urine terikat pada bahan di dalamnya atau di atasnya.

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan bau pada kotak pasir kucing di dalam ruangan. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Kucing dan Taman Bersamaan 

Cuka putih

Cuka dapat membersihkan dan menghilangkan bau urine jika digunakan dengan benar. Setiap kali mengosongkan kotak pasir kucing, bilas dan semprotkan dengan larutan tiga bagian cuka ke satu bagian air dan biarkan mengering sebelum menambahkan pasir baru. 

Baking soda

Jika kotak pasir kucing yang kosong masih berbau setelah dibersihkan dengan cuka, coba semprotkan bagian bawahnya dengan larutan cuka, lalu taburkan selapis tipis baking soda pada kotak pasir kucing, dan biarkan mengering.

Setelah itu, bilas dan kikis baking soda saat kotak pasir diganti dan ulangi pembersihan sekali lagi. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Kucing dan Taman Bersamaan 

Pasir kucing kayu pinus

Produk pasir kucing kayu pinus bekerja baik menghilangkan bau. Namun, banyak kucing tidak menyukai nuansa pasir pinus. Coba campurkan segenggam pasir pinus pada kotak pasir kucing biasa. 

Buang kotoran kucing setiap hari

Cara efektif menghilangkan bau pada kotak pasir kucing adalah rutin membuang kotoran kucing minimal dua atau tiga kali sehari. Membuang kotak kotoran kucing juga bisa membuat kotak tampak lebih bersih.  

Baca juga: Seberapa Perlu Membersihkan Kotak Pasir Kucing? Simak Penjelasannya 

Menghilangkan bau pada lantai 

Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir.
Ketika membersihkan kotak pasir kucing, bersihkan juga lantai dan bagian bawah kotak. Cuka encer atau semprotan enzim bekerja ampuh menghilangkan bau. Setelah kering, gunakan sabun pinus atau minyak untuk membersihkan lantai.  

Menghilangkan bau pada udara 

Bau kotoran kucing di udara dapat dihilangkan dengan meninggalkan semangkuk air dan beberapa tetes satu atau dua minyak esensial di dalamnya. Jauhkan air dari jangkauan kucing demi mencegah kucing minyak esensial.

Beberapa aroma minyak esensial yang ampuh menghilangkan bau meliputi lavender, lemon, jeruk nipis, jeruk, pinus, cedar, bergamot, pohon teh, dan kayu putih. 

Baca juga: 4 Tips Memperpanjang Usia Hidup Kucing Peliharaan

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cuka dan semprotan ruangan minyak esensial.  Campurkan satu bagian cuka putih atau sari apel dengan sepuluh bagian air suling dan sepuluh tetes minyak esensial seperti lavender, lemon, jeruk nipis, atau jeruk.

Setelah selesai membersihkan area tersebut, semprotkan campuran tersebut di udara dan pada tekstil apa pun seperti tirai kamar mandi atau perawatan jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com