Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan yang Membuat Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Kompas.com - 15/11/2021, 21:29 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjilat bukan hal aneh bagi seekor anjing, baik anak anjing maupun anjing dewasa. 

Perilaku menjilat ini sama dengan perilaku lain yang dilakukan anjing seperti mengibaskan ekor, memiringkan kepala, dan menggonggong. 

Baca juga: Ketahui, Perbandingan Umur Anjing dengan Manusia

Karena itu, Anda tidak perlu panik saat melihat anjing peliharaan sering menjilat seperti ketika dibawakan semangkuk makanan atau memperoleh hadiah. Hal itu menandakan mereka bersemangat untuk camilan.

Namun, menjilat berlebihan dapat menandakan bahwa anjing mengalami beberapa masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Untuk lebih lengkapnya, melansir dari Better Homes and Gardens, Senin (15/11/2021), berikut lima alasan umum mengapa anjing menjilat berlebihan. 

Baca juga: Kenapa Anjing Mengubur Tulang dan Benda Lainnya? 

Nyeri

Ilustrasi anjing di tamanUnsplash/Angel Luciano Ilustrasi anjing di taman
Menjilat bisa menjadi salah satu cara anjing mengurangi rasa sakit. Jika anjing terus-menerus menjilati tempat yang sama, kemungkinan besar ada sesuatu yang mengganggu mereka di area tersebut.

Periksa benjolan, lesi, dan benda asing, dan pantau pergerakannya untuk melihat apakah radang sendi atau cedera mungkin menjadi masalahnya.

Hubungi dokter hewan jika merasa anak anjing mengalami kesakitan. Dokter akan membantu mendiagnosis masalah apa pun dan memberikan pilihan untuk pengobatan. 

Baca juga: Jenis Ras Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Berdasarkan Zodiak 

Alergi

Kulit yang gatal juga bisa memicu jilatan obsesif di area tertentu. Periksa kulit anjing apakah ada gatal-gatal, ruam, atau kutu yang mungkin mengganggunya.

Jika sahabat bulu baru-baru ini berada di luar, itu bisa menjadi reaksi terhadap alergen lingkungan, terutama bila masalahnya ada di dekat kaki mereka.

Perlakukan mereka dengan mandi air hangat yang bagus untuk menghilangkan potensi iritasi dan menenangkan kulit. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Langka dan Unik di Dunia yang Bisa Dipelihara 

Kecemasan

Menjilat sesekali yang dilakukan anjing dapat meredakan kecemasan dan itu hal normal. Namun, bila anjing terus menjilat, hal itu bisa berubah menjadi kebiasaan obsesif-kompulsif.

Menjilati karpet atau selimut adalah indikasi lain bahwa perilaku tersebut berakar pada kecemasan.

"OCD pada hewan peliharaan disebabkan stres, jadi penting untuk mencoba dan mencari tahu penyebab stres lingkungan apa yang dapat menyebabkan jilatan berlebihan," kata Jennifer Freeman, dokter hewan yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. 

Alasan lain, anjing mengalami perpisahan dengan sang induk yang terlalu dini. Freeman mengatakan anjing yang dipisahkan dari induknya terlalu cepat dapat mengembangkan jilatan kompulsif pada kemudian hari. 

Baca juga: Berkenalan dengan Ras Anjing Cavapoo yang Penyayang 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com