Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Microwave yang Bagus, Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 15/06/2021, 12:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave merupakan perangkat elektronik dapur yang membantu untuk memasak, mencairkan, dan memanaskan makanan dalam waktu singkat.

Sekarang ini, sudah begitu banyak pilihan microwave dari berbagai merek dan jenis dengan harga yang beragam.

Bagi kamu yang berencana untuk membeli microwave, penting untuk selektif dalam mempertimbangkan semua pilihan yang tersedia agar mendapatkan yang terbaik.

Baca juga: Microwave dan Oven Juga Bisa Digunakan untuk Menghangatkan Nasi Dingin

Agar memudahkanmu dalam saat akan membeli, berikut ini ragam cara memilih microwave yang bagus, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (15/6/2021).

1. Jenis microwave

Bagian tersulit dalam membeli microwave adalah membuat pilihan tentang microwave mana yang akan dibeli.

Ada tiga jenis oven microwave yang tersedia di pasaran, yakni grill microwave (microwave panggang), solo microwave (microwave tunggal), dan convection microwave (microwave konveksi).

Grill Microwave

Grill microwave dilengkapi dengan beberapa aksesori pemanggang tambahan. Mereka paling cocok untuk memanggang daging dan sayuran lunak.

Baca juga: Teko Listrik, Kompor, atau Microwave yang Lebih Efisien Merebus Air?

Microwave jenis ini dapat digunakan untuk memasak sederhana, seperti membuat popcorn, memasak nasi atau pasta, atau menyeduh susu, kopi, atau teh. Mereka juga dapat memanaskan makanan dan minuman, serta mencairkan makanan.

Solo Microwave

Solo microwave adalah kategori oven microwave untuk memasak sederhana. Ini sangat ideal untuk pemanasan ulang dan memasak sederhana.

Solo microwave adalah microwave yang lebih mendasar. Ini bagus untuk pemanasan ulang yang seragam, memasak dan mencairkan bunga es tetapi tidak bisa memanggang atau membakar.

Convection Microwave

Convection microwave memiliki kipas dan elemen pemanas yang menciptakan pola aliran udara di dalam microwave. Ini sangat ideal untuk memanggang dan membakar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com