Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2021, 14:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Janda bolong atau Monstera adansonii adalah salah satu tanaman hias terpopuler sepanjang tahun lalu. Saking populernya, harga janda bolong sempat dibanderol sangat tinggi.

Popularitas janda bolong belum surut hingga tahun ini. Tanaman hias tersebut masih menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik rumah, baik di dalam ruangan maupun di pekarangan rumah.

Anda yang memiliki tanaman janda bolong di rumah perlu memperhatikan kondisi yang mampu memengaruhi pertumbuhan dan kesehatannya. Salah satunya adalah kondisi daun janda bolong menguning.

Baca juga: 6 Tips Mudah Menanam dan Merawat Janda Bolong yang Tengah Hits

Beberapa penyakit bisa menyebabkan daun janda bolong menguning. Namun, apa saja penyakit tersebut dan bagaimana cara mengobatinya?

Dilansir dari Garden for Indoor, Minggu (23/5/2021), berikut beberapa penyakit yang menyebabkan daun janda bolong menguning dan solusinya.

Ilustrasi tanaman hias janda bolong atau Monstera adansonii.PEXELS/NINA PINTAR Ilustrasi tanaman hias janda bolong atau Monstera adansonii.

1. Bakteri bercak daun

Bakteri bercak daun ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna cokelat tua dengan garis kuning muncul di daun janda bolong.

Garis-garis dengan cairan lengket ini tampak berukuran serupa. Bakteri yang sangat invasif di lingkungan yang hangat dan basah adalah penyebab utama penyakit ini.

Baca juga: Kenapa Daun Janda Bolong Berlubang? Ternyata Ini Penyebabnya

2. Antraknosa

Penyakit ini membuat tepi daun janda bolong menguning. Kerusakan akhirnya membuat daun janda bolong berubah warna menjadi cokelat dan merambat ke seluruh daun.

Lesi besar juga bisa terjadi di batang tanaman. Ini adalah penyakit jamur yang menyebar dari biji dan sisa tanaman.

3. Karat daun

Pada tahap awal penyakit karat daun, bintik-bintik kuning muncul di daun tanaman janda bolong. Titik-titik ini secara bertahap berkembang dan berubah menjadi lepuhan cokelat atau merah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com