Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasak dengan Peralatan Masak Tanah Liat Jauh Lebih Menguntungkan

Kompas.com - 20/03/2021, 14:22 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin kamu beranggapan bahwa peralatan memasak atau wadah masak yang terbuat dari besi, alumunium, atau stainless steel adalah yang terbaik untuk digunakan memasak.

Tapi, anggapanmu tersebut sebenarnya bisa dikatakan keliru, karena peralatan memasak terbaik sesungguhnya adalah yang terbuat dari tanah liat.

Kamu mungkin terkejut dan mungkin juga tidak pernah tahu mengenai peralatan masak seperti panci, wajan, teflon dan sebagainya yang terbuat dari tanah liat.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong Tanpa Perlu Digosok

Maklum, peralatan masak tanah liat merupakan hal yang kuno. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa peralatan masak yang terbuat dari tanah liat justru membuat makanan yang dimasak jadi jauh lebih enak, ketimbang peralatan masak bahan terkini.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (20/3/2021), berikut ini beberapa manfaat menakjubkan ketika memasak menggunakan peralatan masak dari tanah liat.

1. Memberikan rasa yang khas pada makanan

Peralatan masak dari tanah liat terbuat dari tanah liat yang bersifat basa. Sifat ini memungkinkannya berinteraksi dengan asam dalam makanan saat memasak, sehingga menyeimbangkan pH-nya.

Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sehat, tetapi juga memberikan aroma yang harum. Makanan yang dimasak dalam peralatan masak tanah liat menjadi kaya akan berbagai mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan lain-lain.

Baca juga: 6 Kesalahan Merawat Wajan dan Panci Stainless Steel

2. Mempertahankan nilai gizi makanan

Peralatan masak tanah liat memiliki pori-pori dan memungkinkan panas dan kelembapan bersirkulasi secara merata selama proses memasak.

Ini memungkinkan makanan mempertahankan nilai gizi yang lebih tinggi daripada makanan yang disiapkan di peralatan masak yang terbuat dari bahan lain.

Selain itu, daging yang disiapkan dalam peralatan masak tanah liat tetap berair dan empuk.

3. Menyehatkan jantungmu

Penggunaan minyak yang berlebihan untuk memasak adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan.

Jika kamu ingin membuat makananmu tidak terlalu berminyak, maka peralatan masak dari tanah liat adalah salah satu pilihan terbaik karena membutuhkan lebih sedikit minyak untuk memasak makanan.

Panci atau wadah memasak tanah liat membutuhkan waktu lebih lama untuk dipanaskan dan menggunakan proses memasak yang lebih lambat, membantu mempertahankan kelembaban alami. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com