Kompas.com - 15/03/2021, 20:27 WIB
Ilustrasi bunga Impatiens walleriana. PIXABAY/BISHNU SARANGIIlustrasi bunga Impatiens walleriana.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga impatiens adalah salah satu bunga tahunan paling populer. Bunga ini banyak digemari karena warnanya yang cerah dan bagaimana ia bisa tumbuh di daerah yang teduh.

Genus Impatiens merupakan salah satu dari dua genera dalam famili tumbuhan Balsam yang memiliki banyak lusinan spesies, dua di antaranya merupakan tumbuhan taman yang umum.

Dilansir dari The Spruce, Senin (15/3/2021), nama bunga impatiens diambil dari bahasa Latin, impatiens, yang berarti "tidak sabar". Disebut demikian karena polong bijinya yang matang kadang-kadang akan pecah bahkan dengan sentuhan ringan, seolah-olah si tanaman tidak sabar untuk membukanya.

Baca juga: Khasiat Bunga Wijaya Kusuma, Atasi Pendarahan Rahim hingga Bau Badan

Dua jenis impatiens

Ilustrasi bunga impatiens. PIXABAY/DFERENCE Ilustrasi bunga impatiens.

Impatiens walleriana adalah impatiens yang umum. Kultivar yang paling umum ditanam adalah tanaman pendek, tingginya tidak lebih dari 30 cm.

Beberapa jenis, seperti seri 'Super Elfin', tetap jauh lebih pendek.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bunga impatiens standar tersedia dalam berbagai warna, termasuk putih, merah, merah muda, ungu, koral, ungu, dan kuning.

Bunga impatiens digemari karena banyak aladan, di antaranya, mudah ditanam di ruang yang teduh hingga di dalam ruangan, mekar tahan lama, dan bunga berwarna cerah yang hadir dalam berbagai warna.

Baca juga: Harus Tahu, Berikut Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Bentuk umum lainnya dari impatiens adalah Impatiens hawkeri, yang menggunakan nama umum New Guinea impatiens. Ini adalah tanaman yang lebih besar dari impatiens standar dan dianggap lebih mencolok, terutama dalam hal dedaunannya.

Guinea baru juga lebih membutuhkan sinar matahari daripada spesies walleriana. Banyak petani lebih memilih jenis New Guinea untuk ditanam di dalam pot. Dalam beberapa tahun terakhir, mungkin keuntungan terbesar dari jenis New Guinea adalah ketahanannya terhadap penyakit.

Jika impatiens ditanam dari biji, dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk tumbuh menjadi tanaman berbunga.

Dengan demikian, mereka biasanya dimulai di dalam ruangan hingga 10 minggu. Lebih sering, impatiens ditanam dari bibit, yakni pembibitan yang sudah mendekati kematangan berbunga.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X